“Menuju Manusia Merdeka bersama Ki Hajar Dewantara
Melalui Profil Pelajar Pancasila yang Unggul dan
Mengglobal”
Oleh : Putu Eka Juliana Jaya
Kelompok : 3
Fasilitator :
Bapak Yuli Cahyono
Pendamping : Bapak I Komang Witarsa
Pendidikan adalah tuntutan
bagi seluruh kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka sebagai
manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan
kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Sedangkan pengajaran adalah pendidikan
dengan cara memberi ilmu atau pengetahuan agar bermanfaat bagi kehidupan lahir
dan batin (Dewantara I, 2004). Namun pola yang ada dewasa ini masih cenderung 1
arah, belum berfokus & berpusat pada murid, antar guru masih banyak yang
belum kolaborasi. Maka kami perlu mempertajam keterampilan kepemimpinan,
menggali lebih dalam tentang jati diri kami, mengasah berbagai keterampilan
manajemen sekolah serta memperkaya dan menunjang sumber daya manusia yang
berkualitas dan mumpuni (Yuli Cahyono, 2020).
Mempelajari
pemikiran filosofis Ki Hajar Dewantara merupakan fokus dari pelatihan calon
guru penggerak angkatan pertama kali ini. Pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang
pendidikan dan pengajaran jelas pemisahannya. Ki Hadjar membedakan antara “Pengajaran” dan “Pendidikan”. “Pendidikan” adalah tuntutan bagi seluruh kekuatan kodrat yang ada
pada anak-anak agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat
mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Sedangkan “Pengajaran” adalah “Pendidikan” dengan cara memberi ilmu atau pengetahuan agar
bermanfaat bagi kehidupan lahir dan batin (Dewantara I, 2004). Di samping itu, “Pengajaran” yang tidak berdasarkan semangat kebudayaan dan hanya
mengutamakan intelektualisme dan individualisme yang memisahkan satu orang
dengan orang lain hanya akan menghilangkan rasa keluarga dalam masyarakat di seluruh
Indonesia yang sesungguhnya dan menjadi pertalian suci dan kuat serta menjadi
dasar yang kokoh untuk mengadakan hidup tertib dan damai (Dewantara I , 2004).
Menurut
Ki Hajar Dewantara; pengajaran dan pendidikan Nasional harus selaras dengan
penghidupan dan kehidupan bangsa agar semangat cinta bangsa dan tanah air
terpelihara. Dalam hal ini, Ki Hajar Dewantara menekankan agar Pendidikan memperhatikan : [1] Kodrat
Alam, [2] Kemerdekaan, [3] Kemanusiaan, [4] Kebudayaan, [5] Kebangsaan. Intisarinya
adalah agar terwujud pendidikan yang memerdekakan siswa (Saksono, Gatut Ign,
2010) Dihubungkan
dengan konteks pendidikan di Indonesia saat ini, termasuk juga di SMP Negeri 1
Denpasar, sebenarnya secara teori & kebijakan sudah relevan dan diadopsi,
namun belum secara optimal dalam aplikasinya. Mengapa? Karena pola yang ada
dewasa ini masih cenderung 1 arah, belum berfokus dan berpusat pada murid,
antar guru masih banyak yang belum berkolaborasi. Maka dari itu memang perlu Program
Guru
Penggerak seperti ini untuk melahirkan guru penggerak, yang
siap menjadi pemimpin dan menjadi agen perubahan pada transformasi Sisdiknas
secara lebih utuh.
Pada
pelatihan Program Guru Penggerak para Calon Guru Penggerak diajak untuk
membahas lebih dalam tentang pemikiran filosofis Ki
Hajar
Dewantara, mendemonstasikan konsep pemikiran tersebut, yang
berguna bagi Calon Guru Penggerak untuk mempertajam keterampilan kepemimpinan,
menggali lebih dalam tentang jati diri kami, mengasah berbagai keterampilan
manajemen sekolah serta memperkaya dan menunjang sumber daya manusia yang
berkualitas dan mumpuni. “Menuju Manusia Merdeka” (Kemdikbud RI;
2020, Setkab RI; 2020).
Refleksi filosofi
pendidikan nasional Ki Hadjar Dewantara menjadi titik awal Calon
Guru
Penggerak menjadi agen perubahan dalam transformasi pendidikan di sekolah. Semoga hal ini dapat terwujud
demi tercapainya upaya mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia, menciptakan
sumber daya manusia unggul yang mumpuni untuk berkiprah di dunia global, dengan
tetap mengedepankan Pancasila dan kearifan budaya lokal maupun nasional yang melekat
sebagai jati diri
bangsa.
Sebagai
berikut adalah question and answer
sebagai refleksi dari pencapaian belajar saya:
1.
Apa
yang saya percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum saya
mempelajari modul 1.1?
Saya meyakini
bahwa murid perlu untuk dibentuk dengan pendekatan tarik ulur dalam kerangka;
memiliki karakter sopan terpuji, disiplin terhadap waktu, tertib melaksanakan
tugas, patuh pada instruksi, dan jujur dalam berkarya. Saya juga meyakini dan
memaklumi bahwa setiap murid itu unik dengan talenta dan potensi serta minat
masing-masing. Sering saya menerapkan instruksi, dan kurang dalam membuat
kesepakatan karena saya pikir itu baik bagi mereka untuk dituntun dan diarahkan
ke arah
yang benar. Apa yang saya pikir baik untuk masa depan mereka ini, saya tuangkan
dalam gaya dan pola saya mengajar. Gaya kepeminpinan saya menuntun murid
cenderung top down.
Hasil nyata nya
adalah murid 100% tuntas meraih kompetensi yang saya tetapkan dalam tujuan
pembelajaran, dan memiliki kedisiplinan dan ketrampilan yang di atas rata-rata,
serta terlatih untuk menuntaskan pekerjaannya sesuai arahan dan tepat waktu.
Namun dari pengalaman yang ada, beberapa murid menjadi cukup tidak teratur saat
diampu Guru lain. Setelah saya melakukan refleksi dan analisa, mungkin hal itu
terjadi karena selama belajar dengan saya mereka tidak memiliki dorongan dari
dalam dirinya sendiri untuk menjadi “baik”, namun karena rasa takut ditegur
atau dibina oleh saya. Hal ini menimbulkan rasa sedih dan rasa kecewa yang
mendalam pada diri saya, saya merasa gagal menanamkan nilai yang saya harapkan.
Namun saya tetap yakin, penanaman nilai yang selalu saya berikan dan dengungkan
bagi murid saya akan mereka re-call
kembali suatu saat nanti di masa depan, dan saat itulah mereka meyakini nilai
kebenaran dalam pola mengajar saya.
2.
Apa
yang berubah dari pemikiran atau perilaku saya setelah mempelajari modul ini?
Perubahan
mendasar dan penting adalah; bahwa saya semakin memiliki komitmen untuk lebih
berpusat pada anak, menciptakan suasana merdeka belajar, menghargai kodrat
anak, dan tak akan surut menanamkan budi pekerti pada anak, serta selalu
memuliakan dan berhamba pada anak. Saya tidak akan kecewa dan sedih lagi
apabila melihat hasil belajar dan sikap yang tidak sesuai tujuan pembelajaran.
Perubahan ini muncul setelah mengikuti pelatihan pada Bimtek Program Guru
Penggerak besutan Kemdikbud, Direktorat GTK. Beberapa saat belajar bersama Instruktur, Fasilitator, Pendamping, dan sesama Calon
Guru Penggerak, membuat saya seolah terlahir kembali. Saya mulai memiliki wawasan “baru yang berbeda” dalam hal mendidik dan mengajar. Sangat
mengesankan pemikiran filosofis Ki Hajar Dewantara. Selama ini saya hanya
mengetahuinya hanya sebatas semboyannya; yaitu “Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani”.
Ya, sekarang saya tahu bahwa dalam mendidik saya harus fokus pada membentuk
anak dengan menuntunnya untuk mencapai kebahagiaan
dan keselamatan di dalam hidupnya di masa depan.
Saya sangat
tertarik dan terkesima
membaca semua tulisan tentang pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewanatara. Saya
bertekad mengadopsinya dalam mengajar siswa saya demi menuju manusia Indonesia
merdeka. Pemikiran Ki Hajar Dewantara yang terpatri dalam ingatan saya adalah:
konsep Kodrat Alam dan Kodrat Zaman, Asas TriKon, konsep 'Budi Pekerti', dan
Patrap Triloka. Saya tergugah untuk sering melakukan
refleksi. Kata refleksi (reflection)
dikenal sebagai sebuah tahapan dalam Experiencial
Learning. Metode pembelajaran Experiential
Learning merupakan metode pembelajaran yang dapat menciptakan proses
belajar yang lebih bermakna, karena peserta diklat akan mengalami sendiri apa
yang mereka telah pelajari. Dalam metode ini, pembelajaran tidak hanya tentang
konsep materi saja, tetapi peserta terlibat secara langsung dalam proses
pembelajaran untuk dijadikan sebagai suatu pengalaman (Yuli Cahyono; 2000)
Saya bertekad
pula untuk melakukan penerapan konsep Ki Hajar Dewantara tersebut dengan
menyesuaikan dengan tuntutan jaman pada pendidikan abad 21
ini dengan menyesuaikan pada
konteks lokal (budaya) di tempat asal saya, Salah satunya adalah mengedepankan
pendidikan seni untuk mengasah jiwa dan karakter anak (Sutiyono, 2010).
Saya pun dituntun untuk
bersikap reflektif kritis terhadap
pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara dalam mendesain kerangka Filosofis
Pendidikan Merdeka untuk Pendidikan Indonesia sesuai dengan konteks lokal
daerah asal. Saya juga siap mengadopsi desain pembelajaran dengan kerangka
Filosofis ‘Merdeka Belajar’ yang mengacu pada 7 Profil Pelajar Pancasila,
yaitu: Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia, Kreatif,
Gotong Royong, Berkebhinekaan Global, Bernalar Kritis, dan Mandiri.
Niscaya dengan perubahan yang saya buat itu lebih utuh tercapai ketrampilan
abad 21 dari murid saya, yaitu terbentuknya anak ber-Profil Pelajar Pancasila yang
memiliki keterampilan berpikir kreatif (creative
thinking), berpikir kritis dan pemecahan masalah (critical thinking and problem solving), berkomunikasi (communication), dan berkolaborasi (collaboration) atau yang biasa disebut
dengan 4C (Trilling, B. and Fadel, C. 2009).
Setelah membaca
modul dan melakukan literasi semua bahan bacaan yang lain terkait pemikirian
filosofis Ki Hajar Dewantara, saya juga lebih tersadar bahwa pemikiran Ki
Hajar
Dewantara ini luar biasa luas dan tidak lekang oleh jaman,
cocok di segala jaman, termasuk pada era abad 21 ini dengan segala tuntutannya.
Pelatihan Bimtek Guru Belajar serta pelatihan Bimtek Guru Pendamping Khusus
yang sudah saya ikuti beberapa saat sebelumnya juga saya rasakan terkoneksi
erat dengan pelatihan kali ini. Utamanya dalam hal memfasilitasi Pembelajaran
Jarak Jauh (PJJ) yang bermakna dengan Cara 5M. Apa itu cara 5M? Cara 5M adalah
pilihan cara untuk mewujudkan pembelajaran yang bermakna, menyenangkan dan
melibatkan siswa, orangtua maupun komunitas yang terdiri dari: 1. Memanusiakan
hubungan, 2. Memahami konsep, 3. Membangun keberlanjutan, 4. Memilih tantangan,
5. Memberdayakan konteks (Kemdikbud RI; 2020). Ke-5 cara ini pun saya rasakan telah
menginternalisasi pemikiran luhur seorang tokoh pendidikan Ki Hajar Dewantara.
3.
Apa
yang bisa segera saya terapkan lebih baik agar kelas saya mencerminkan
pemikiran KHD?
Pendidikan dan
pengajaran merupakan usaha persiapan dan persediaan untuk segala kepentingan
hidup manusia baik dalam hidup bermasyarakat maupun hidup berbudaya (Dewantara;
1977). Melakukan perubahan mendasar dan penting yaitu lebih berpusat pada anak,
menciptakan suasana merdeka belajar, menghargai kodrat anak, dan tak akan surut
menanamkan budi pekerti pada anak, serta selalu memuliakan dan berhamba pada
anak, adalah hal pertama yang segera dapat saya terapkan agar kelas saya mencerminkan
pemikiran filosofis Ki Hajar Dewantara. Saya juga segera akan menyusun desain pembelajaan
Merdeka Belajar sebagai wujud nyatanya, yang terdiri dari mulai dari diri,
eksplore konsep, ruang kolaborasi, releksi terbimbing, demonstrasi kontekstual,
elaborasi pemahaman, koneksi antar materi, dan aksi nyata. Saya yakin dengan
desain pembelajaran yang baru ini, akan menyempurnakan pencapaian saya dalam
mengajar dan utamanya memberikan hal terbaik yang dibutuhkan setiap murid,
dengan tujuan utama yaitu terwujudnya ‘Pelajar Indonesia yang merupakan pelajar
sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan
nilai-nilai Pancasila’. Semoga perubahan penting dalam konsep pemikiran saya
ini dapat berkontribusi bagi transformasi pendidikan nasional Indonesia.
Adapun alur desain kerangka pembelajaran ‘Merdeka
Belajar’ adalah sebagai berikut:
1. Tujuan Utama: ‘Pelajar Indonesia merupakan pelajar
sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan
nilai-nilai Pancasila’
2.
Profil Pelajar
Pancasila:____(ada
6, tuliskan satu profil yang diharapkan)
3.
Kompetensi
Pelajar Pancasila: ____ (tuliskan kompetensi yang diharapkan dari Profil
Pelajar Pancasila yang dipilih kelompok)
4.
Indikator
Ketercapaian: ________
5.
Elaborasi hingga
pelaksanaan konkret di sekolah dan kelas Anda:
6.
Apa yang akan
dilakukan untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila yang dipilih?
7.
Mengapa memilih
Profil Pelajar Pancasila yang dipilih?
8.
Bagaimana
mencapai Profil Pelajar Pancasila yang dipilih?
9.
Siapakah para
pihak yang terlihat dan bagaimana peran mereka?
Referensi:
Hajar, Ki Dewantara, Karya Ki Hajar Dewantara Bagian
Pertama: Pendidikan, (Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, 2004)
Kemdikbud RI, 2020; https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/10/kemendikbud-selenggarakan-program-pendidikan-bagi-calon-guru-penggerak
Sutiyono, 2010,
“Pendidikan Seni Sebagai Basis Pendidikan Karakter Multikulturalis” dalam
Cakrawala Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan, No. XXIX. Edisi Khusus Dies
Natalis UNY, Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia D.I. Yogyakarta.
Saksono, Gatut Ign, 2010, Pendidikan Yang
Memerdekakan Siswa, Diandra Primamitra Media, Yogyakarta.
Setkab RI, 2020; https://setkab.go.id/kemendikbud-luncurkan-merdeka-belajar-5-guru-penggerak-sebagai-pendorong-transformasi-pendidikan/
Trilling, B. and Fadel, C, 2009; 21st Century Skills:
Learning for Life in Our Times, San Francisco, Calif., Jossey-Bass/John Wiley
& Sons, Inc.
Yuli Cahyono, 2020; http://lppks.kemdikbud.go.id/id/kabar/diklat-penguatan-kepala-sekolah-pks-cks-cps-dan-pgp
===========wawa*smpn1denpasar===========
RANCANGAN
AKSI NYATA
Judul
Modul : Kemajuan Partisipasi dan Kemandirian Anak
Sebagai Internalisasi Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Profil Pelajar
Pancasila dalam Pembelajaran IPS di Kelas VIII Tahun Ajaran 2020/2021
Oleh :
Putu Eka Juliana Jaya
Kelompok
: 3
Fasilitator : Bapak Yuli Cahyono
Pendamping : Bapak I Komang Witarsa
1. LATAR BELAKANG
Karya
tulis ini dibuat sebagai pemenuhan tugas pada Modul 1.1.10 pada Program Guru
Penggerak yang diinisiasi oleh Kemdikbud RI, dalam hal ini Direktorat Guru dan
Tenaga Kependidikan (Kemdikbud RI; 2020, Setkab RI; 2020). Batas waktu yang diberikan selama empat minggu, akan
mengupas berbagai masalah yang timbul terkait Merdeka Belajar dan berbagai solusi
serta terobosannya untuk tercapainya partisipasi dan kemandirian siswa, dengan
kerangka pemikiran filosofis Ki Hajar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila.
Pandemi
Covid-19 menyebabkan banyak perubahan di segala bidang kehidupan manusia. Salah
satu yang paling nyata adalah dampak pada bidang pendidikan. Sejak 16 Maret
2020, sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No. 3 tahun 2020 tentang
Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19)
pada Satuan Pendidikan,
dan Surat Edaran Walikota No. 443.33/1637/Dikes
tanggal 5 Maret 2020 tentang peningkatan kewaspadaan penyebaran penyakit akibat
virus Corona, maka seluruh siswa
harus melakukan Pembelajaran Jarak Jauh
(PJJ). Demikian pula halnya dengan seluruh
siswa SMP Negeri 1 Denpasar, juga wajib melaksanakan PJJ sebagai langkah
antisipatif pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Denpasar khususnya, dan Bali umumnya.
SMP
Negeri 1 Denpasar menanggapi dengan sigap keputusan ini, dan mulai
mempersiapkan seluruh system pembelajaran
terkait untuk terselenggaranya PJJ. Aplikasi yang dipilih pada adalah dengan memakai
Google Meeting dan Google Classroom serta Lentera Denpasar. Pada pelajaran IPS ada
6 kelas yang diamati yaitu kelas 8C, 8D, 8E, 8F, 8G, 8J. Tampak bahwa selama 3
bulan PJJ ada beberapa siswa yang kurang mandiri dan lalai dalam mengikuti
kelas online dan pengumpulan tugas. Siswa-siswi tersebut merupakan anak yang
memiliki kodrat nya sendiri (Dewantara I, 2004) seyogyanyalah Guru menemukan
metode dan pola yang tepat untuk menumbuhkan partisipasi dan kemandiriannya
melalui stimulus terpola yang akan dipilih kemudian. Dalam hal ini akan dipakai
dan diadopsi desain pembelajaran “Merdeka
Belajar” (Saksono, Gatut Ign, 2010) yang sangat berjiwa dan
berkarakter pemikiran filosofis Ki Hajar Dewantara. Desain tersebut juga menekankan pada pendidikan karakter melalu seni budaya (Sutiyono,
2010) dan mengacu pada tercapainya Profil
Pelajar Pancasila seperti yang reflektif (Yuli
Cahyono; 2020), sehingga siswa mampu menginternalisasi
ketrampilan abad 21 (Trilling, B. and Fadel, C, 2009).
2. TUJUAN
Adapun
tujuan dari rancangan aksi nyata ini adalah:
1) Meningkatkan
partisipasi dan kemandirian siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Denpasar dalam mengikuti
PJJ dengan Google Meeting.
2) Meningkatkan
partisipasi dan kemandirian siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Denpasar mengumpulkan
tugas dengan Google Classroom.
3.
TOLOK
UKUR
Tolok
ukur pencapaian dari rancangan aksi nyata ini adalah:
1) Partisipasi
dan kemandirian siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Denpasar dalam mengikuti PJJ dengan
Google Meeting meningkat.
2) Partisipasi
dan kemandirian siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Denpasar dalam mengumpulkan tugas
dengan Google Classroom meningkat.
4.
LINI
MASA TINDAKAN YANG AKAN DILAKUKAN
Rancangan
aksi nyata ini akan dilakukan selama 4 minggu di kelas 8 SMP Negeri 1 Denpasar,
dengan pembagian lini masa sebagai berikut:
Minggu
Pertama : persiapan
Minggu
Kedua : pengumpulan data dan
informasi
Minggu
Ketiga : pengolahan data dan
wawancara
Minggu
Keempat : pembuatan laporan
5.
DUKUNGAN
YANG AKAN DIBUTUHKAN
Dalam
rangka memperlancar rancangan aksi nyata ini dibutuhkan sarana dan prasarana
penunjang, yaitu:
1) Laptop, computer,
printer; disediakan oleh sekolah.
2) Kuota
internet dan jaringan internet; disediakan oleh sekolah dan diberikan bantuan
oleh Kemdikbud
3) Handphone;
milik pribadi
4) Aplikasi
Microsoft Office; disediakan oleh
sekolah dan milik pribadi
5) Aplikasi
Google Meeting dan Google Classroom; disediakan oleh
sekolah dan milik pribadi
Referensi:
Hajar, Ki Dewantara, Karya Ki Hajar Dewantara Bagian
Pertama: Pendidikan, (Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, 2004)
Kemdikbud RI, 2020; https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/10/kemendikbud-selenggarakan-program-pendidikan-bagi-calon-guru-penggerak
Sutiyono, 2010,
“Pendidikan Seni Sebagai Basis Pendidikan Karakter Multikulturalis” dalam
Cakrawala Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan, No. XXIX. Edisi Khusus Dies
Natalis UNY, Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia D.I. Yogyakarta.
Saksono, Gatut Ign, 2010, Pendidikan Yang
Memerdekakan Siswa, Diandra Primamitra Media, Yogyakarta.
Setkab RI, 2020; https://setkab.go.id/kemendikbud-luncurkan-merdeka-belajar-5-guru-penggerak-sebagai-pendorong-transformasi-pendidikan/
Trilling, B. and Fadel, C, 2009; 21st Century Skills: Learning for Life in Our
Times, San Francisco, Calif., Jossey-Bass/John Wiley & Sons, Inc.
Yuli Cahyono, 2020; http://lppks.kemdikbud.go.id/id/kabar/diklat-penguatan-kepala-sekolah-pks-cks-cps-dan-pgp
================wawa*smpn1denpasar================
Terima kasih banyak artikelnya 😀🙏
BalasHapusTerimakasih atas artikelnya, artikel ini sangat membantu🙏🙏
Hapus7G/31
7G/26
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusMksh banyak artikelnya ☺🙏
BalasHapusTerimakasih artikel nya🙏🙏
BalasHapusTerimakasih artikel nya🙏
BalasHapusSangat membantu sekali laoshi terima kasih 🙏
BalasHapusTerimakasih artikel nya😊🙏🙏
BalasHapus7G/38
Nama: Ida Bagus Oka Paramartha
BalasHapusNo absen: 20
Kelas: VII B
Nama : Alisa Putri
BalasHapusNo. Absen : 02
Kelas : VIIB
Sangat membantu, terima kasih artikelnya 🙏🏻
Artikel tersebut sangat membatu saya
BalasHapusNama : Anak Agung Made Indi Naya Saputri
BalasHapusNo. Absen : 03
Kelas : VII-E
Terimakasih artikelnya, artikel tersebut sangat membantu 🙏.
Nama:I Kadek Gerry Nugraha
BalasHapusNo absen:14
Kelas: VII B
Terimakasih artikelnya ,artikelnya sangat membantu
Terimakasih artikelnya, sangat membantu 🙏 (ratih pradnya/29/8J)
BalasHapusNama: I Gede Dharma Guna
BalasHapusNo absen: 8
Kelas: VII-B
Terimakasih artikelnya!😃, artikel tersebut sangatlah membantu👏🏻🙏🏻...
Nama: IB Putu Ray Nata Diatmika
BalasHapusNo absen : 18
Kelas: VII-B
Terimakasih artikelnya sangat membantu
Nama: I Ketut Anand Amertha
BalasHapusNo: 08
Kelas: 8D
Terimakasih artikelnya sangat membantu saya
Nama: Ida Ayu Audy Pramesthi Maharani
BalasHapusNo: 17
Kelas: 8D
Terimakasih atas artikelnya. Artikel ini sangat membantu 🙏🙏
Nama: I gusfi Ngurah Dillan Ganesh Jyotistha
BalasHapusNo:13
Kelas:7E
Terima Kasih atas artikelnya. Artikel ini sangat membantu
Nama : Putri Ratih Alreitha Sun Patra
BalasHapusNomor : 40
Kelas : 7A
Terima kasih untuk artikel nya, artikel nya sangat membantu 🙏🙏
Nama : I Made Deva Raditya Puja Kanis
BalasHapusNo : 12
Kelas : 8D
Terimakasih atas artikelnya. Artikel ini sangat membantu
Nama : I Made Putra Wedasmara
BalasHapusKelas : 7A
No Absen : 20
Terimakasih atas artikelnya.
Artikel ini sangat membantu🙏🏻
Nama : Ida Ayu Wulan Pradnyani Dewi
BalasHapusNo : 24
Kelas : 7A
Terimakasih atas artikelnya. Artikel ini sangat membantu 🙏
Nama : I Nyoman Gede Suryanata Wijaya
BalasHapusKelas : VIII G
No : 13
Terimakasih atas artikelnya🙏. Artikel ini sangat membantu
Nama:I wayan juniartha wiguna
BalasHapusNo:15
Kelas:VIII D/8D
Terimakasih atas artikelnya.
Aetikel ini sangat membantu saya.
Terimakasih��������
Nama:Ni Made Ratih Dwi Hariyanti
BalasHapusKelas:VII-E
No:30
Terima Kasih artikelnya sangat membantu saya🙏.
Nama : Putu Manik Yuana Ekaputri
BalasHapusNo : 35
Kelas : 8G
Terimakasih atas artikelnya, artikel ini sangat membantu dan memotivasi. 🙏
Nama:ni putu ayu Tasya widjaya
BalasHapusKelas:7D
Absen:33
Terimakasih atas artikelnya. Artikel ini sangat membantu saya🙏.
Trysha Dewi/VII E/43
BalasHapusTerimakasih, artikel dan tujuannya sangat bermanfaat.
Nama : Putu Alika Vhiskariana Maharani
BalasHapusKelas : VIII G
No.Absen : 32
Terimakasih Atas artikelnya,artikel ini sangat membantu dan memotivasi saya.🙏🙏
Nama : I Made Adhitya W.B
BalasHapusKelas : VIII G
No : 11
Terima kasih atas artikelnya🙏🙏
Artikel ini sangat membantu
Nama:A.A Putu Pandu Putra D.
BalasHapusNo:1
Kelas:8i
Terimakasih artikelnya,artikel ini sangat membantu
BalasHapusNama : Ni Nyoman Yuma Putri Ningtyas
Kelas : VII G
No. Absen : 34
Terimakasih atas artikelnya , artikel ini sangat mengispirasi dan membantu untuk menghargai pendidikan. Begitu penting.
Terima kasih artikel nya sangat membantu dan artikel nya bermanfaat
BalasHapusNama:Ni Putu Karina Ekaputri
No.absen:34
Kelas:7E/VII E
Nama : I Gusti Agung Dwi Pradnyaswari
BalasHapusKelas : 8D/VIII D
Absen : 06
Terimakasih atas artikel yang sangat bermanfaat ini Laoshi🙏, Menurut saya, pandemi Covid-19 ini memang telah membuat aktivitas kita tidak bisa berjalan dengan lancar. Semua aspek di kehidupan ini menjadi terganggu akibat pandemi tersebut, terutama di bidang ekonomi dan pendidikan. Saya sebagai seorang siswa, juga merasa kesulitan dalam melakukan proses belajar di rumah. Terkadang sinyal bermasalah, kuota cepat habis, dan pemahaman saya terhadap materi kurang. Namun, dengan bantuan dari bapak/ibu guru di SMPN 1 Denpasar yang telah menyiapkan segala prosedur untuk kegiatan belajar dari rumah, kesulitan-kesulitan tersebut bisa saya hadapi. Disinilah pentingnya kerjasama antar guru dan siswa untuk membangun proses belajar mengajar yang lebih efektif. Kerjasama antar guru dan siswa haruslah baik dan berjalan dari dua arah. Maksudnya, selain sebagai pengajar/pendidik, guru juga harus bisa bertindak sebagai orang yang akan membimbing siswa ke arah yang lebih baik. Begitu juga sebagai seorang siswa hendaknya memiliki dorongan dari dalam diri sendiri untuk menjadi lebih baik lagi, baik dalam proses pembelajaran maupun di bidang lainnya. Seperti kata-kata Ki Hadjar Dewantara, "Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu." Dan meskipun kita melakukan proses pembelajaran jarak jauh, namun kerjasama tersebut haruslah tetap berjalan.
Terimakasih🙏
BalasHapusTerimakasih artikelnya sangat membantu dan menambah wawasan 🙏🏼👍🏼
Nana / 36 / 8J
Nama : Putu Masya Purnama Devi /39/8i
BalasHapusTerimakasih artikel nya, artikel ini sangat membantu saya🙏
BalasHapusNama: Ida Ayu Putu Audrey Tara Cahyarani
No Absen: 18
Kelas: 8E
Terimakasih atas artikelnya, karena artikel nya sangat membantu, memotivasi diri saya, dan sangat bermanfaat 🙏
➤ NAMA : KM SATYA CAHYA NUGRAHA
BalasHapus➤ NO : 31
➤ KELAS : 7A
terimakasih artikelnya,artikel ini sangat memberi wawasan yg sangat luas kepada saya,terimakasih laoshi🙏🏼👍🏼
Nama : Kadek Maha Arianti
BalasHapusNo. Absen : 25
Kelas : 8E
Terimakasih atas Artikelnya, karena sangat membantu, memotivasi saya, dan Sangat bermanfaat🙏🏻😊
BalasHapusTerimakasih atas artikelnya, ini sangat membantu dan menambah wawasan saya.
Robin Kazakova / 40 / 8C
Nama:A.A Dwi Kirani Pratiwi
BalasHapusNo Absen:01
Kls:8J
Terimakasih atas artikel yang sangat hermanfaat ini,artikel ini sangat membantu untuk saya🙏
BalasHapusNama: Kadek Ayu Dewi Pradnyani
Kelas: 8E
No:23
Terimakasih artikelnya ,artikelnya sangat membantu
BalasHapusNama : I Gst Agung Handayani Divya Asnanti
No : 13
Kelas : VII A
Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat serta memotivasi,saya sebagai murid mendukung setiap program yang ada dan bertrimakasih atas dukungan serta bimbingan yang sudah diberikan dan menurut saya aplikasi PJJ (google classroom,google meeting) yang ada memang membantu belajar mengajar selama covid 19 ini sehingga kita dapat mengikuti ilmu pelajaran walaupun kurang efektif serta ada kendala dalam melakukan pembelajaran,namun berkat bimbingan dari operator serta guru² masalah tersebut dapat diselesaikan🙏
nama: gunapadmi Putri swandewi
BalasHapuskls:7e
absen:9
Terimakasih artikelny, artikelny sangat membantu🙏
BalasHapusNama : Sang Ayu Made Anabela Hiranya Prabaswari
No. Absen : 41
Kelas : 8E
Terimakasih atas artikelnya yang sangat membantu dan menambah wawasan saya🙏
BalasHapusNama ; I Wayan Varian Nayaka Putra
No.Absen : 16
Kelas : 8G
Terimalasih artikel yang sangat membantu dan menambah wawasan kami
Nama : Ni Putu Angga Dewi
BalasHapusNo. Absen : 31
Kelas : 8J
Terimakasih atas artikelnya yang sangat membantu dan menambah wawasan saya🙏
Nama : Agni keishana putri sukanta
BalasHapusKelas : 8D
Nomor :01
Terimakasih atas artikel laoshi🙏🏻🙏🏻,artikel ini sangat membantu
BalasHapusNama : Putu Utari Aridewi
Kelas : VII G
No. : 42
Terimakasih, artikel ini dapat membantu menambah info bagi saya
Nama: Komang Krisna Bagiada
BalasHapusNo: 27
Kelas: 8E
Terimakasih atas artikel yang di berikan karena sangat bermanfaat.
Nama: yoga
BalasHapusNo:21
Kelas:8d
Trimakasih banyak atas artikelnya yg sangat membantu untuk saya🙏🙏
Terimakasih Laoshi artikelnya sangat membantu dan menambah wawasan saya 🙏🏻
BalasHapusDania / 17 / 8J
Nama : Pande Putu Radhitya Nugraha
BalasHapusAbsen : 32
Kelas : 8e
Terimakasih atas artikelnya yang sudah diberikan, artikel ini sangat membantu menambahkan wawasan saya
BalasHapusNama: I Nyoman Artha Wiguna
Kls:7E
No absen:17
Terimakasih untuk artikelnya, karena artikel tersebut sangat penting dan bermanfaat.
Nama : Ni Putu Amelia Savita Putri
BalasHapusNo.Absen : 32
Kelas : 8C
Terimakasih atas Artikelnya,
Artikelnya sangat membantu🙏🏻🙏🏻
terimakasih atas artikelnya sangat membantu dan memberi wawasan lebih banyak kepada saya
BalasHapusNama : nyoman ayu laksmi wulandari
kelas : 7D
no : 36
Nama : I Gede Deva Arya Gunawan
BalasHapusNo absen : 13
Kelas : 7G
Terimakasih banyak atas artikelnya, karena sangat bermanfaat bagi saya dan bisa menambah wawasan saya
Nama:Kadek Marsya purnama Ayu swasti
BalasHapusKelas:7E
Absen:22
Terimakasih atas artikelnya, artikelnya sangat membantu dan menambah wawasan 🙏🏻
Nama : NI MADE AYU NADIA DHARMASWARI
BalasHapusKelas:7E
No:29
Terimakasih artikel nya🙏🙏
Nama : Ida ayu phatening telaga urung
BalasHapusKelas:8C
No :24
Terimakasih atas artikelnya,artikel ini sangat membantu dan memotivasi saya serta menambah wawasan yang sangat bermanfaat🙏🏻
Nama : Putu respa Adelia putri
BalasHapusNo : 39
Kelas : 8e
Terimakasi artikel nya,bagi saya artikel nya sungguh bermanfaat
Nama:NI MADE AYU PUTRI WINTARI
BalasHapusNO:32
KELAS:7G
terimakasih atas artikelnya sangat membantu bagi saya dan menambah wawasan saya🙏
BalasHapusNama : I Gusti Putu Satria Pradjna Dananjaya
No : 14
Kls : 7E
Terima Kasih atas artikelnya,artikel ini sangat membantu dan sangat bermanfaat🙏
Nama:Ni Luh Dita Puspitasari
BalasHapusKelas:7E
No.Absen:28
Terimakasih atas artikelnya, artikelnya sangat membantu dan artikelnya sangat bermanfaat 🙏🙏
Nama : I Gusti Ngurah Agung Surya Wirapramarta
BalasHapusAbsen : 10
Kelas : 8G
terima kasih, artikelnya bermanfaat dan memotivasi saya.
Nana: Dhiefya Faiza Aulia Nayranata
BalasHapusKelas:8E
No.absen:06
Sebelumnya terimakasih Laoshi atas artikel yang diberikan,artikel ini akan menambah wawasan bagi saya🙏,Dan semoga wabah ini cepat berakhir🙏.
Terimakasih Laoshi 🙏
Nama: I Made Bagus Suteja Lanang
BalasHapusNo. : 18
Kelas :8C
Terimakasih atas, artikelnya
Artikelnya sangaat bermanfaat, untuk menambah wawasan 🙏🏻
Terimakasih atas artikel nya, artikel ini bermanfaat sekaligus memotifasi saya.
BalasHapusBagas Aditya, 15,8E
Nama : Putu Candrakarina V.W.
BalasHapusKelas : 8D/ VIII D
No : 40
Terimakasih atas artikel yang sangat bermanfaat ini dan sangat membantu. Kita bisa mengetahui pentingnya pendidikan untuk masa depan, walaupun di musim pandemi saat ini yang membuat siswa tidak bisa bertemu langsung dengan guru guru. Siswa dapat belajar seperti biasa melalui Pembelajaran Jarak Jauh ini, dan tidak lepas dari peran pentingnya guru dalam mengajar siswa.
Terimakasih 🙏
Nama : Ni Luh Putu Cantika Saputri
BalasHapusNo : 28
Kelas : VIII G
Terimakasih atas artikelnya yang sangat bermanfaat bagi saya. Sebagai murid, saya mendukung semua program yang ada dan sangat berterimakasih atas bimbingan yang selama ini diberikan dan menurut saya pribadi aplikasi seperti g classroom, g.meet, zoom, dll memang sangat membantu proses pembelajaran selama pandemi covid 19.
Nama : Ni Luh Putu Cantika Saputri
BalasHapusNo : 28
Kelas : VIII G
Terimakasih atas artikelnya yang sangat bermanfaat bagi saya. Sebagai murid, saya mendukung semua program yang ada dan sangat berterimakasih atas bimbingan yang selama ini diberikan dan menurut saya pribadi aplikasi seperti g classroom, g.meet, zoom, dll memang sangat membantu proses pembelajaran selama pandemi covid 19.
Nama : komang satria nardayana putra
BalasHapusAbsen : 24
Kelas : 7G
Terima kasih artikel nya
Artikel ini sangat membantu
BalasHapusNama : Ni Made Pradita Dewi
Kelas : VIII J
No : 28
Dengan membaca artikel tersebut saya menjadi tau tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang pengajaran atau hubungan antara murid dengan guru. 🙏🙏
BalasHapusNama: Vania Bella Amadea
No: 43
Kelas: 8C
Terimakasih atas artikel nya, Artikel ini sangat memotivasi dan bermanfaat bagi saya, serta menambah wawasan 🙏🏻
Nama I Made Agus Dwipa Arma
BalasHapusNo 12
Kls 8G
Terimakasih atas artikelnya, artikel ini sangat membantu
BalasHapusNama : Eurovan Sidharta Jauwsan
No : 6
Kelas : 7E
Terimakasih artikelnya 🙏, artikelnya sangat membantu saya🙏
Nama : Putu Ayu Ratih Cahyarani
BalasHapusNo : 37
Kelas : 8J
Terimakasih atas artikelnya karena, artikel ini sangat bermotivikasi dan bermanfaat tentunya..
BalasHapusNama : Ni Putu Adelia Maharani
No : 32
Kelas : 7E
Terimakasih atas artikelnya, karena artikel ini sangat membantu saya dan membuat saya lebih termotivikasi untuk semangat lagii....
Nama : Ida Ayu Anindya Raina Wikannanda
BalasHapusNo : 16
Kelas : 8D
Terima kasih atas artikel yang sangat bermanfaat ini. Menurut saya, dalam situasi pandemi saat ini kita membutuhkan sarana yang dapat mendukung proses pembelajaran jarak jauh. Selain itu, proses pembelajaran jarak jauh juga tak luput dari masalah seperti signal yang tak mendukung, kesalahan teknis, dan lain sebagainya. Tetapi, dengan adanya kerjasama dan kecepat tanggapan para guru dan operator masalah yang muncul dapat teratasi. Sebagai seorang murid, saya sangat berterima kasih kepada guru, operator, dan pemerintah yang turut membantu agar proses pembelajaran jarak jauh bisa terlaksanakan dengan baik. Terima kasih 🙏
Nama: A.A.Ngurah Lanang
BalasHapusKelas: 7B
Absen: 01
Artikelnya sangat menarik,dan menambah wawasan saya. Terima kasih atas artikelnya.
Nama : Putu Kesha Della Rocha Demple /39 /7E
BalasHapusTerima kasih untuk artikel nya.. ini sangat bermanfaat dan saya bisa menambah info atau wawasan yang lebih luas lagi..
Nama : Putu Raditya Wiradharma Putra Pramana/ 40/ 7E.
BalasHapusTerimakasih untuk paparan artikelnya. Artikel ini sangat bermanfaat bagi saya. Terimakasih atas Informasinya.
Nama : Ni komang trisna prabandari
BalasHapusKelas :8G
No :27
saya mendukung semua program yang ada dan sangat berterimakasih atas bimbingan yang selama ini diberikan dan menurut saya pribadi aplikasi seperti g classroom, g.meet, zoom, dll memang sangat membantu proses pembelajaran selama pandemi covid 19
Nama : I Made Giyo Wiswadana
BalasHapusNomor: 13
Kelas: 8D
Terimakasih untuk artikel nya..
Ini sangat termotivikasi dan bermanfaat saya bisa menambah info dan wawasan yg lebih luas lagi..
Nama : Putu Meisha Ayutra Devi Widastra
BalasHapusKelas : 8J
Absen : 40
Setelah membaca artikel ini, saya menjadi lebih termotivasi untuk belajar dan sebagai siswa saya sangat mendukung program pembelajaran yang ada dan sangat berterimakasih atas bimbingan yang diberikan🙏🏻
Nama: gst agung seridila adinda
BalasHapusKelas : 8e
No :08
Terimakasih atas artikel ini Laoshi, artikel ini sangat penting dan bermanfaat untk saya.
Nama : Intan Desrina
BalasHapusKelas : 8E
Absen : 22
Terimakasih atas artikelnya, artikel ini sangat bermanfaat, dapat memberikan motivasi dan juga dapat menambah wawasan saya🙏
BalasHapusNama: I Made Wiratama Suryajaya
No. Absen : 20
Kelas : 8C
Terimakasih atas artikel-artikelnya, ini sangat bermanfaat bagi saya, untuk menambah wawasan
NAMA: I GUSTI PUTU OKA WIKAN NANDA
BalasHapusNO:16
KLS:7A
Terima kasih atas artikelnya,artikelnya sangat bermanfaat dan dapat memberi motivasi.
Nama : I GEDE KARISTA WIKASENA
BalasHapusNo : 10
Kelas : VIII J
Terimakasih atas artikelnya, artikelnya sangat bermanfaat bagi saya
Nama : Ni Putu Rina Pramesti
BalasHapusKelas : VIII D /8D
Absen : 33
Terimakasih atas artikel yang sangat bermanfaat ini laoshi🙏,selain menambah wawasan artikel ini juga dapat memotivasi kita untuk belajar lebih giat lagi.Menurut saya saat situasi pandemi seperti sekarang ini kita memerlukan media untuk mendukung proses berlangsung nya pembelajaran secara online atau pembelajaran jarak jauh, pembelajaran jarak jauh pun tak luput dari masalah signal,gangguan internet,dll.Tetapi dengan adanya kerjasama yang baik dengan guru saya dapat melalui semua nya dengan baik.Saya turut berterimakasih kepada guru yang membantu proses pembelajaran agar selalu berjalan lancar
Terimakasih 🙏
Nama : Putu Kikandrya Wilakshini
BalasHapusNo Absen : 39
Kelas : 8J
Terimakasih atas semua artikel-artikelnya. Artikel ini sangat bermanfaat untuk saya, dan dapat menambah wawasan saya🙏
Nama : Ni Putu Gemma Armylia
BalasHapusKelas : 8C
No. Absen : 34
Terimakasih atas artikelnya Laoshi. Artikel ini sangat bermanfaat dan membantu menambah wawasan saya🙏
BalasHapusMaharani / 12 / 8J
Terimakasih atas semua artikel-artikelnya. Artikel ini sangat bermanfaat serta menambah wawasan saya👍🏽🙏🏼
Nama : Putu Gde Adiarta Wiguna
BalasHapusAbsen : 38
Kelas. : 7E
Artikel ini sangat membantu saya dalam menambah wawasan dalam pembelajaran
Nama: Ni Komang Trisa Bali Meyin Dandra Tirta
BalasHapusKelas: 8C
No. Absen: 29
Terimakasih untuk artikelnya. Artikelnya sangat bermanfaat dan memotivasi saya🙏
Nama : Ni Made Dian Aprilia Maharani
BalasHapusKelas : 8C
No.absen : 30
Artikel ini sangat bermanfaat untuk saya, Terimakasih artikelnya🙏
I Kadek Devastra Yogintya
BalasHapusNo Abs : 13 / kelas : VIIB
Artikel ini sangat membantu untuk pengertian daring, bisa Menambah wawasan, Dapat mengetahui apa yang harus dilakukan saat pembelajaran daring ini
1. Agar tidak lalai
2. Tetap fokus mengikuti pembelajaran walaupun tetap belajar dari rumah..
//Artikel ini sangat bagus untuk belajar lebih dekat lagi belajar tntng daring dan cara menanggapinya dengan disiplin walaupun di rumah saja
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama : I nyoman yoma mahadeva
BalasHapusKelas : 8J
Absen : 16
Artikel ini sangat bermanfaat sekali untuk saya, Terima kasih artikelnya🙏🏻
Terima kasih atas artikelnya🙏,sangat bemanfat sekali
BalasHapusNama: Kadek Belinda Aurellia Putri
No:21
Kls"7E
BalasHapusMade Nawamalini Candrika Dyaksa / 26 / 8J
Terimakasih Atas artikelnya, Artikel ini sangat bermanfaat 🙏🏻
terima kasih banyak atas artikelnya. dari membaca artikel ini, saya dapat menyimpulkan bahwa dalam pandemi covid-19 ini saya tidak boleh lalai dan tetap harus disiplin dalam melaksanakan pembelajaran, agar tetap bisa mengerti pelajaran dan guru akan lebih muali menilai dengan akurat. artikel ini sangat memotivasi saya untuk menjadi lebih rajin. terima kasih!
BalasHapusnama: Gendis Ginanti
kelas: 7E
no. absen: 7
BalasHapusWayan Gede Gangga Maryasa/39/8G
Terimakasih Atas Artikelnya Laoshi.Artikel ini sangat bermanfaat dan memotivasi saya 🙏🙏
BalasHapusNama:Ni Kadek Tia Kusuma Wardani
No:30
Kelas:8E
Terimakasih atas artikelnya laoshi.Artikel ini sangat bermanfaat dan juga sangat memotivasi saya😊🙏🏻
Nama : I Putu Gede Arya Pradnyana Gunawan
BalasHapusKelas : 7E
No. Absen : 19
Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat serta memotivasi. Saya sebagai murid mendukung setiap program PJJ yang ada dan berterimakasih atas dukungan serta bimbingan yang sudah diberikan. Menurut saya aplaplikasi yang digunakan (google classroom, google meeting) yang ada memang membantu belajar mengajar selama covid 19 ini sehingga kita dapat mengikuti pelajaran secara lebih efektif, walaupun masih ada kendala dalam pelaksaannya, namun saya yakin, seiring waktu dan dengan adanya bimbingan dari operator dan para guru, ke depannya akan lebih baik daripada yang sebelumnya 🙏
Nama: Bilwa Pradnyandari Putri Sudharma
BalasHapusKelas: 8J
Absen: 05
Terimakasih untuk artikelnya, artikelnya sangat bermanfaat dan bermotivasi🙏
Nama: I Gusti Ayu Putri Nadya
Absen: 13
Kelas: 8J
Terimakasih atas artikelnya, karena artikelnya sangat membantu dan sangat bermanfaat🙏
Nama: I Gusti Ngurah Bagus Purwaka Tisna
BalasHapusAbsen: 17
Kelas: 8A
Terinakasih atas artikelnya, karena sangat bermanfaat bagi kita semua🙏.
Nama : I.A. Diah Komalamanik Manuaba
BalasHapusKelas : 8A
No. : 22
Terimakasih artikelnya. Sangat menarik dan bermanfaat untuk menambah wawasan
Terima kasih atas artikelnya Laoshi
BalasHapusArgha / 31 / 8E
Nama : Firnanda Santika Lidela
BalasHapusNo : 09
Kls : 8J
Terima kaish atas artikelnya Laoshi🙏🏻
Nama : I Gst Ayu Cahya Pratiwi
BalasHapusKelas : 8G
Absen : 09
Terimakasih, artikel ini sangat bermanfaat. Sangat membantu siswa/siswi atau kita sebagai pelajar menilai sudut pandang guru dalam hal belajar mengajar di sekolah saat pandemi ini sedang berlangsung atau yang disebut dengan PJJ. Saya cukup salut untuk kita semua yang sudah bisa melewati masa - masa sulit seperti sekarang ini dengan baik, namun kita tak boleh luput dari rasa bersyukur. Kenapa? Karena, di balik musibah atau masalah yang datang kepada kita, janganlah takut untuk gagal. Pasti ada saja kemungkinan di balik kegagalan tersebut. Antara lain, yang pertama, kita diminta untuk berusaha lebih oleh Tuhan Yang Maha Esa, atau yang kedua, kita gagal karena kita di lindungi Tuhan Yang Maha Esa sama apa yang tidak bisa kita raih untuk hari ini. Cukup mengikhlaskan dan menerima segalanya dengan tulus. Tuhan hadir untuk menerima segala curahan hati kita, entah itu mengeluh, menangis, dan lain lainnya. Di masa masa covid 19 ini, saya belajar banyak tentang pentingnya menjaga kesehatan, belajar dengan mandiri, serta kedisiplinan. Dari pandangan yang saya tangkap dari artikel ini, guru guru sedang bersedih dengan kondisi yang sekarang terjadi. Murid - murid kehilangan waktunya untuk menikmati masa remaja nya di sekolah, kehilangan waktu nya untuk banyak belajar hal hal baru yang banyak terdapat di luar sana. Guru - guru juga sudah berusaha semaksimal mungkin bekerja dengan baik untuk terus berusaha mengajari anak murid nya, memberi materi dan segala tugas prakteknya agar murid muridnya tidak lupa bahwa, belajar itu perlu dan penting. Bukan berarti selama Covid 19 berlangsung, kita tidak bisa sekolah. Semua usaha pasti ada saja plus dan minus yang kita dapatkan. Saya sangat berterimakasih kepada guru - guru yang sudah berusaha keras mengajari kita, membentuk karakter kita untuk menjadi orang yang berkarakter, berwibawa, dan menjadi seseorang yang terpuji. Walaupun kadang kita suka mengeluh ataupun menunda - nunda. Ini adalah wujud aksi nyata yang benar - benar saya ketahui setelah membaca artikel ini. Saya benar benar berterimakasih atas bimbingan serta program program yang telah kalian rangkai dan menyusun dengan baik yang kemudian diberikan kepada kita semua serta memotivasi kita untuk giat belajar lebih. Membuka wawasan kita agar lebih luas untuk menjadikan kita diri yang berkualitas dan cerdas. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Terimakasih.
Nama: Anisa Putri Ramadhani
BalasHapusNo: 4
Kelas: VIIA
Artikel ini sangat bermanfaat.
Terimakasih atas artikelnya sangat membantu kepada siswa/siswi🙏
Nama: Putu Ayu Keisha Kirana Putri
BalasHapusNo : 36
Kls : 8i
Terimakasih artikelnya, sangat bermanfaat dan juga menarik
Nama: Carla Carolyn Cristal
BalasHapusNo: 4
Kelas: 8E
Artikel yang sangat bermanfaat!
Terima kasih untuk artikel yang sangat menarik dan menambah wawasan pengetahuan ini 🙏
Nama: Ni Putu Renaisan Andari Teja
BalasHapusNo: 35
Kelas: 7E
Terima Kasih atas artikelnya Bu Guru atau Laoshi, artikel ini mampu mengupas sosok Ki Hajar Dewantara (KHD), kemasa saat ini. Bagaimana arah pemikiran KHD bisa masih dituangkan di era saat ini. Bagaimana siswa atau murid “merdeka belajar”. Mampu nantinya menjadi siswa yang unggul dan berprestasi secara global. tentu dengan jiwa pancasila. Terima kasih sekali lagi, artikel ini sangat bagus dan bermanfaat. 🙏
Terima kasih atas artikelnya 😇👍
BalasHapusArtikel ini sangat bermanfaat untuk saya terima kasih
HapusTaiyo Brahmantya Soki / 7G / 43
Nama: Bryan Junov Scofield Ramadhan
BalasHapusKelas: 7A
No absen: 5
Nama: Bryan Junov Scofield Ramadhan
BalasHapusKelas: 7A
No absen: 5
Terima kadih artikelnya, sangat membantu
Nama : Putu Ayu Dinda Pavita Prasanti Arya
BalasHapusNo.Absen : 36
Kelas : 8E
Terimakasih banyak atas artikel yang telah diberikan , artikel ini sungguh bermanfaat dan memotivasi saya dan dapat menambah wawasan🙏🏻🙏🏻.
Nama : Kadek Priscilla Dea Pramesti
BalasHapusNo : 26
Kelas : 8E
Terimakasih atas artikelnya, Sangat membantu dan bermanfaat 🙏🏻🙏🏻
Terima kasih semua pembaca yang budiman dan berbahagia atas komentar dan tanggapannya.
BalasHapus