Langsung ke konten utama

Koneksi Antar Materi dan Rancangan Aksi Nyata : PROGRAM GURU PENGGERAK - Angkatan 1

 





“Menuju Manusia Merdeka bersama Ki Hajar Dewantara

Melalui Profil Pelajar Pancasila yang Unggul dan Mengglobal”

 

Oleh                : Putu Eka Juliana Jaya

Kelompok      : 3

Fasilitator       : Bapak Yuli Cahyono
Pendamping  : Bapak I Komang Witarsa

 

Pendidikan adalah tuntutan bagi seluruh kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Sedangkan pengajaran adalah pendidikan dengan cara memberi ilmu atau pengetahuan agar bermanfaat bagi kehidupan lahir dan batin (Dewantara I, 2004). Namun pola yang ada dewasa ini masih cenderung 1 arah, belum berfokus & berpusat pada murid, antar guru masih banyak yang belum kolaborasi. Maka kami perlu mempertajam keterampilan kepemimpinan, menggali lebih dalam tentang jati diri kami, mengasah berbagai keterampilan manajemen sekolah serta memperkaya dan menunjang sumber daya manusia yang berkualitas dan mumpuni (Yuli Cahyono, 2020). 

Mempelajari pemikiran filosofis Ki Hajar Dewantara merupakan fokus dari pelatihan calon guru penggerak angkatan pertama kali ini. Pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan dan pengajaran jelas pemisahannya. Ki Hadjar membedakan antara Pengajaran dan Pendidikan. Pendidikan adalah tuntutan bagi seluruh kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Sedangkan Pengajaran adalah Pendidikan dengan cara memberi ilmu atau pengetahuan agar bermanfaat bagi kehidupan lahir dan batin (Dewantara I, 2004). Di samping itu, Pengajaran yang tidak berdasarkan semangat kebudayaan dan hanya mengutamakan intelektualisme dan individualisme yang memisahkan satu orang dengan orang lain hanya akan menghilangkan rasa keluarga dalam masyarakat di seluruh Indonesia yang sesungguhnya dan menjadi pertalian suci dan kuat serta menjadi dasar yang kokoh untuk mengadakan hidup tertib dan damai (Dewantara I , 2004).

Menurut Ki Hajar Dewantara; pengajaran dan pendidikan Nasional harus selaras dengan penghidupan dan kehidupan bangsa agar semangat cinta bangsa dan tanah air terpelihara. Dalam hal ini, Ki Hajar Dewantara menekankan agar Pendidikan memperhatikan : [1] Kodrat Alam, [2] Kemerdekaan, [3] Kemanusiaan, [4] Kebudayaan, [5] Kebangsaan. Intisarinya adalah agar terwujud pendidikan yang memerdekakan siswa (Saksono, Gatut Ign, 2010) Dihubungkan dengan konteks pendidikan di Indonesia saat ini, termasuk juga di SMP Negeri 1 Denpasar, sebenarnya secara teori & kebijakan sudah relevan dan diadopsi, namun belum secara optimal dalam aplikasinya. Mengapa? Karena pola yang ada dewasa ini masih cenderung 1 arah, belum berfokus dan berpusat pada murid, antar guru masih banyak yang belum berkolaborasi. Maka dari itu memang perlu Program Guru Penggerak seperti ini untuk melahirkan guru penggerak, yang siap menjadi pemimpin dan menjadi agen perubahan pada transformasi Sisdiknas secara lebih utuh.

Pada pelatihan Program Guru Penggerak para Calon Guru Penggerak diajak untuk membahas lebih dalam tentang pemikiran filosofis Ki Hajar Dewantara, mendemonstasikan konsep pemikiran tersebut, yang berguna bagi Calon Guru Penggerak untuk mempertajam keterampilan kepemimpinan, menggali lebih dalam tentang jati diri kami, mengasah berbagai keterampilan manajemen sekolah serta memperkaya dan menunjang sumber daya manusia yang berkualitas dan mumpuni. “Menuju Manusia Merdeka” (Kemdikbud RI; 2020, Setkab RI; 2020). Refleksi filosofi pendidikan nasional Ki Hadjar Dewantara menjadi titik awal Calon Guru Penggerak menjadi agen perubahan dalam transformasi pendidikan di sekolah. Semoga hal ini dapat terwujud demi tercapainya upaya mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia, menciptakan sumber daya manusia unggul yang mumpuni untuk berkiprah di dunia global, dengan tetap mengedepankan Pancasila dan kearifan budaya lokal maupun nasional yang melekat sebagai jati diri bangsa.

Sebagai berikut adalah question and answer sebagai refleksi dari pencapaian belajar saya:

1.      Apa yang saya percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum saya mempelajari modul 1.1?

Saya meyakini bahwa murid perlu untuk dibentuk dengan pendekatan tarik ulur dalam kerangka; memiliki karakter sopan terpuji, disiplin terhadap waktu, tertib melaksanakan tugas, patuh pada instruksi, dan jujur dalam berkarya. Saya juga meyakini dan memaklumi bahwa setiap murid itu unik dengan talenta dan potensi serta minat masing-masing. Sering saya menerapkan instruksi, dan kurang dalam membuat kesepakatan karena saya pikir itu baik bagi mereka untuk dituntun dan diarahkan ke arah yang benar. Apa yang saya pikir baik untuk masa depan mereka ini, saya tuangkan dalam gaya dan pola saya mengajar. Gaya kepeminpinan saya menuntun murid cenderung top down.

Hasil nyata nya adalah murid 100% tuntas meraih kompetensi yang saya tetapkan dalam tujuan pembelajaran, dan memiliki kedisiplinan dan ketrampilan yang di atas rata-rata, serta terlatih untuk menuntaskan pekerjaannya sesuai arahan dan tepat waktu. Namun dari pengalaman yang ada, beberapa murid menjadi cukup tidak teratur saat diampu Guru lain. Setelah saya melakukan refleksi dan analisa, mungkin hal itu terjadi karena selama belajar dengan saya mereka tidak memiliki dorongan dari dalam dirinya sendiri untuk menjadi “baik”, namun karena rasa takut ditegur atau dibina oleh saya. Hal ini menimbulkan rasa sedih dan rasa kecewa yang mendalam pada diri saya, saya merasa gagal menanamkan nilai yang saya harapkan. Namun saya tetap yakin, penanaman nilai yang selalu saya berikan dan dengungkan bagi murid saya akan mereka re-call kembali suatu saat nanti di masa depan, dan saat itulah mereka meyakini nilai kebenaran dalam pola mengajar saya.

 

2.      Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku saya setelah mempelajari modul ini?

Perubahan mendasar dan penting adalah; bahwa saya semakin memiliki komitmen untuk lebih berpusat pada anak, menciptakan suasana merdeka belajar, menghargai kodrat anak, dan tak akan surut menanamkan budi pekerti pada anak, serta selalu memuliakan dan berhamba pada anak. Saya tidak akan kecewa dan sedih lagi apabila melihat hasil belajar dan sikap yang tidak sesuai tujuan pembelajaran. Perubahan ini muncul setelah mengikuti pelatihan pada Bimtek Program Guru Penggerak besutan Kemdikbud, Direktorat GTK. Beberapa saat belajar bersama Instruktur, Fasilitator, Pendamping, dan sesama Calon Guru Penggerak, membuat saya seolah terlahir kembali. Saya mulai memiliki wawasan “baru yang berbeda” dalam hal mendidik dan mengajar. Sangat mengesankan pemikiran filosofis Ki Hajar Dewantara. Selama ini saya hanya mengetahuinya hanya sebatas semboyannya; yaitu “Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani”. Ya, sekarang saya tahu bahwa dalam mendidik saya harus fokus pada membentuk anak dengan menuntunnya untuk mencapai kebahagiaan dan keselamatan di dalam hidupnya di masa depan.

Saya sangat tertarik dan terkesima membaca semua tulisan tentang pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewanatara. Saya bertekad mengadopsinya dalam mengajar siswa saya demi menuju manusia Indonesia merdeka. Pemikiran Ki Hajar Dewantara yang terpatri dalam ingatan saya adalah: konsep Kodrat Alam dan Kodrat Zaman, Asas TriKon, konsep 'Budi Pekerti', dan Patrap Triloka. Saya tergugah untuk sering melakukan refleksi. Kata refleksi (reflection) dikenal sebagai sebuah tahapan dalam Experiencial Learning. Metode pembelajaran Experiential Learning merupakan metode pembelajaran yang dapat menciptakan proses belajar yang lebih bermakna, karena peserta diklat akan mengalami sendiri apa yang mereka telah pelajari. Dalam metode ini, pembelajaran tidak hanya tentang konsep materi saja, tetapi peserta terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran untuk dijadikan sebagai suatu pengalaman (Yuli Cahyono; 2000)

Saya bertekad pula untuk melakukan penerapan konsep Ki Hajar Dewantara tersebut dengan menyesuaikan dengan tuntutan jaman pada pendidikan abad 21 ini dengan menyesuaikan pada konteks lokal (budaya) di tempat asal saya, Salah satunya adalah mengedepankan pendidikan seni untuk mengasah jiwa dan karakter anak (Sutiyono, 2010). Saya pun dituntun untuk bersikap reflektif  kritis terhadap pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara dalam mendesain kerangka Filosofis Pendidikan Merdeka untuk Pendidikan Indonesia sesuai dengan konteks lokal daerah asal. Saya juga siap mengadopsi desain pembelajaran dengan kerangka Filosofis ‘Merdeka Belajar’ yang mengacu pada 7 Profil Pelajar Pancasila, yaitu: Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia, Kreatif, Gotong Royong, Berkebhinekaan Global, Bernalar Kritis, dan Mandiri. Niscaya dengan perubahan yang saya buat itu lebih utuh tercapai ketrampilan abad 21 dari murid saya, yaitu terbentuknya anak ber-Profil Pelajar Pancasila yang memiliki keterampilan berpikir kreatif (creative thinking), berpikir kritis dan pemecahan masalah (critical thinking and problem solving), berkomunikasi (communication), dan berkolaborasi (collaboration) atau yang biasa disebut dengan 4C (Trilling, B. and Fadel, C. 2009).

Setelah membaca modul dan melakukan literasi semua bahan bacaan yang lain terkait pemikirian filosofis Ki Hajar Dewantara, saya juga lebih tersadar bahwa pemikiran Ki Hajar Dewantara ini luar biasa luas dan tidak lekang oleh jaman, cocok di segala jaman, termasuk pada era abad 21 ini dengan segala tuntutannya. Pelatihan Bimtek Guru Belajar serta pelatihan Bimtek Guru Pendamping Khusus yang sudah saya ikuti beberapa saat sebelumnya juga saya rasakan terkoneksi erat dengan pelatihan kali ini. Utamanya dalam hal memfasilitasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang bermakna dengan Cara 5M. Apa itu cara 5M? Cara 5M adalah pilihan cara untuk mewujudkan pembelajaran yang bermakna, menyenangkan dan melibatkan siswa, orangtua maupun komunitas yang terdiri dari: 1. Memanusiakan hubungan, 2. Memahami konsep, 3. Membangun keberlanjutan, 4. Memilih tantangan, 5. Memberdayakan konteks (Kemdikbud RI; 2020). Ke-5 cara ini pun saya rasakan telah menginternalisasi pemikiran luhur seorang tokoh pendidikan Ki Hajar Dewantara.

 

3.      Apa yang bisa segera saya terapkan lebih baik agar kelas saya mencerminkan pemikiran KHD? 

Pendidikan dan pengajaran merupakan usaha persiapan dan persediaan untuk segala kepentingan hidup manusia baik dalam hidup bermasyarakat maupun hidup berbudaya (Dewantara; 1977). Melakukan perubahan mendasar dan penting yaitu lebih berpusat pada anak, menciptakan suasana merdeka belajar, menghargai kodrat anak, dan tak akan surut menanamkan budi pekerti pada anak, serta selalu memuliakan dan berhamba pada anak, adalah hal pertama yang segera dapat saya terapkan agar kelas saya mencerminkan pemikiran filosofis Ki Hajar Dewantara. Saya juga segera akan menyusun desain pembelajaan Merdeka Belajar sebagai wujud nyatanya, yang terdiri dari mulai dari diri, eksplore konsep, ruang kolaborasi, releksi terbimbing, demonstrasi kontekstual, elaborasi pemahaman, koneksi antar materi, dan aksi nyata. Saya yakin dengan desain pembelajaran yang baru ini, akan menyempurnakan pencapaian saya dalam mengajar dan utamanya memberikan hal terbaik yang dibutuhkan setiap murid, dengan tujuan utama yaitu terwujudnya ‘Pelajar Indonesia yang merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila’. Semoga perubahan penting dalam konsep pemikiran saya ini dapat berkontribusi bagi transformasi pendidikan nasional Indonesia.

Adapun alur desain kerangka pembelajaran ‘Merdeka Belajar’ adalah sebagai berikut:

1.      Tujuan Utama: ‘Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila’

2.      Profil Pelajar Pancasila:____(ada 6, tuliskan satu profil yang diharapkan)

3.      Kompetensi Pelajar Pancasila: ____ (tuliskan kompetensi yang diharapkan dari Profil Pelajar Pancasila yang dipilih kelompok)

4.      Indikator Ketercapaian: ________

5.      Elaborasi hingga pelaksanaan konkret di sekolah dan kelas Anda:

6.      Apa yang akan dilakukan untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila yang dipilih?

7.      Mengapa memilih Profil Pelajar Pancasila yang dipilih?

8.      Bagaimana mencapai Profil Pelajar Pancasila yang dipilih?

9.      Siapakah para pihak yang terlihat dan bagaimana peran mereka?

 

Referensi:

 

Hajar, Ki Dewantara, Karya Ki Hajar Dewantara Bagian Pertama: Pendidikan, (Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, 2004)

 

Kemdikbud RI, 2020; https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/10/kemendikbud-selenggarakan-program-pendidikan-bagi-calon-guru-penggerak

 

Sutiyono, 2010, “Pendidikan Seni Sebagai Basis Pendidikan Karakter Multikulturalis” dalam Cakrawala Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan, No. XXIX. Edisi Khusus Dies Natalis UNY, Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia D.I. Yogyakarta.

 

Saksono, Gatut Ign, 2010, Pendidikan Yang Memerdekakan Siswa, Diandra Primamitra Media, Yogyakarta.

 

Setkab RI, 2020; https://setkab.go.id/kemendikbud-luncurkan-merdeka-belajar-5-guru-penggerak-sebagai-pendorong-transformasi-pendidikan/

Trilling, B. and Fadel, C, 2009; 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times, San Francisco, Calif., Jossey-Bass/John Wiley & Sons, Inc.

Yuli Cahyono, 2020; http://lppks.kemdikbud.go.id/id/kabar/diklat-penguatan-kepala-sekolah-pks-cks-cps-dan-pgp

 

===========wawa*smpn1denpasar===========

RANCANGAN AKSI NYATA

Judul Modul  : Kemajuan Partisipasi dan Kemandirian Anak Sebagai Internalisasi Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran IPS di Kelas VIII Tahun Ajaran 2020/2021

Oleh                : Putu Eka Juliana Jaya

Kelompok      : 3

Fasilitator       : Bapak Yuli Cahyono
Pendamping  : Bapak I Komang Witarsa

  1.                  LATAR BELAKANG

Karya tulis ini dibuat sebagai pemenuhan tugas pada Modul 1.1.10 pada Program Guru Penggerak yang diinisiasi oleh Kemdikbud RI, dalam hal ini Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (Kemdikbud RI; 2020, Setkab RI; 2020). Batas waktu yang diberikan selama empat minggu, akan mengupas berbagai masalah yang timbul terkait Merdeka Belajar dan berbagai solusi serta terobosannya untuk tercapainya partisipasi dan kemandirian siswa, dengan kerangka pemikiran filosofis Ki Hajar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila.

Pandemi Covid-19 menyebabkan banyak perubahan di segala bidang kehidupan manusia. Salah satu yang paling nyata adalah dampak pada bidang pendidikan. Sejak 16 Maret 2020, sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No. 3 tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) pada Satuan Pendidikan, dan Surat Edaran Walikota No. 443.33/1637/Dikes tanggal 5 Maret 2020 tentang peningkatan kewaspadaan penyebaran penyakit akibat virus Corona, maka seluruh siswa harus melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Demikian pula halnya dengan seluruh siswa SMP Negeri 1 Denpasar, juga wajib melaksanakan PJJ sebagai langkah antisipatif pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Denpasar khususnya, dan Bali umumnya.

SMP Negeri 1 Denpasar menanggapi dengan sigap keputusan ini, dan mulai mempersiapkan seluruh system pembelajaran terkait untuk terselenggaranya PJJ. Aplikasi yang dipilih pada adalah dengan memakai Google Meeting dan Google Classroom serta Lentera Denpasar. Pada pelajaran IPS ada 6 kelas yang diamati yaitu kelas 8C, 8D, 8E, 8F, 8G, 8J. Tampak bahwa selama 3 bulan PJJ ada beberapa siswa yang kurang mandiri dan lalai dalam mengikuti kelas online dan pengumpulan tugas. Siswa-siswi tersebut merupakan anak yang memiliki kodrat nya sendiri (Dewantara I, 2004) seyogyanyalah Guru menemukan metode dan pola yang tepat untuk menumbuhkan partisipasi dan kemandiriannya melalui stimulus terpola yang akan dipilih kemudian. Dalam hal ini akan dipakai dan diadopsi desain pembelajaran Merdeka Belajar (Saksono, Gatut Ign, 2010) yang sangat berjiwa dan berkarakter pemikiran filosofis Ki Hajar Dewantara. Desain tersebut juga menekankan pada pendidikan karakter melalu seni budaya (Sutiyono, 2010) dan mengacu pada tercapainya Profil Pelajar Pancasila seperti yang reflektif (Yuli Cahyono; 2020), sehingga siswa mampu menginternalisasi ketrampilan abad 21 (Trilling, B. and Fadel, C, 2009).

 

2.      TUJUAN

Adapun tujuan dari rancangan aksi nyata ini adalah:

1)      Meningkatkan partisipasi dan kemandirian siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Denpasar dalam mengikuti PJJ dengan Google Meeting.

2)      Meningkatkan partisipasi dan kemandirian siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Denpasar mengumpulkan tugas dengan Google Classroom.

 

3.      TOLOK UKUR

Tolok ukur pencapaian dari rancangan aksi nyata ini adalah:

1)      Partisipasi dan kemandirian siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Denpasar dalam mengikuti PJJ dengan Google Meeting meningkat.

2)      Partisipasi dan kemandirian siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Denpasar dalam mengumpulkan tugas dengan Google Classroom meningkat.

 

4.      LINI MASA TINDAKAN YANG AKAN DILAKUKAN

Rancangan aksi nyata ini akan dilakukan selama 4 minggu di kelas 8 SMP Negeri 1 Denpasar, dengan pembagian lini masa sebagai berikut:

Minggu Pertama       : persiapan

Minggu Kedua         : pengumpulan data dan informasi

Minggu Ketiga         : pengolahan data dan wawancara

Minggu Keempat     : pembuatan laporan

 

5.      DUKUNGAN YANG AKAN DIBUTUHKAN

Dalam rangka memperlancar rancangan aksi nyata ini dibutuhkan sarana dan prasarana penunjang, yaitu:

1)      Laptop, computer, printer; disediakan oleh sekolah.

2)      Kuota internet dan jaringan internet; disediakan oleh sekolah dan diberikan bantuan oleh Kemdikbud

3)      Handphone; milik pribadi

4)      Aplikasi Microsoft Office; disediakan oleh sekolah dan milik pribadi

5)      Aplikasi Google Meeting dan Google Classroom; disediakan oleh sekolah dan milik pribadi

Referensi:

 

Hajar, Ki Dewantara, Karya Ki Hajar Dewantara Bagian Pertama: Pendidikan, (Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, 2004)

 

Kemdikbud RI, 2020; https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/10/kemendikbud-selenggarakan-program-pendidikan-bagi-calon-guru-penggerak

 

Sutiyono, 2010, “Pendidikan Seni Sebagai Basis Pendidikan Karakter Multikulturalis” dalam Cakrawala Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan, No. XXIX. Edisi Khusus Dies Natalis UNY, Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia D.I. Yogyakarta.

 

Saksono, Gatut Ign, 2010, Pendidikan Yang Memerdekakan Siswa, Diandra Primamitra Media, Yogyakarta.

 

Setkab RI, 2020; https://setkab.go.id/kemendikbud-luncurkan-merdeka-belajar-5-guru-penggerak-sebagai-pendorong-transformasi-pendidikan/

Trilling, B. and Fadel, C, 2009; 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times, San Francisco, Calif., Jossey-Bass/John Wiley & Sons, Inc.

Yuli Cahyono, 2020; http://lppks.kemdikbud.go.id/id/kabar/diklat-penguatan-kepala-sekolah-pks-cks-cps-dan-pgp

 

 ================wawa*smpn1denpasar================

 

 


Komentar

  1. Mksh banyak artikelnya ☺🙏

    BalasHapus
  2. Terimakasih artikel nya🙏🙏

    BalasHapus
  3. Terimakasih artikel nya🙏

    BalasHapus
  4. Sangat membantu sekali laoshi terima kasih 🙏

    BalasHapus
  5. Terimakasih artikel nya😊🙏🙏
    7G/38

    BalasHapus
  6. Nama: Ida Bagus Oka Paramartha
    No absen: 20
    Kelas: VII B

    BalasHapus
  7. Nama : Alisa Putri
    No. Absen : 02
    Kelas : VIIB
    Sangat membantu, terima kasih artikelnya 🙏🏻

    BalasHapus
  8. Artikel tersebut sangat membatu saya

    BalasHapus
  9. Nama : Anak Agung Made Indi Naya Saputri
    No. Absen : 03
    Kelas : VII-E
    Terimakasih artikelnya, artikel tersebut sangat membantu 🙏.

    BalasHapus
  10. Nama:I Kadek Gerry Nugraha
    No absen:14
    Kelas: VII B
    Terimakasih artikelnya ,artikelnya sangat membantu

    BalasHapus
  11. Terimakasih artikelnya, sangat membantu 🙏 (ratih pradnya/29/8J)

    BalasHapus
  12. Nama: I Gede Dharma Guna
    No absen: 8
    Kelas: VII-B

    Terimakasih artikelnya!😃, artikel tersebut sangatlah membantu👏🏻🙏🏻...

    BalasHapus
  13. Nama: IB Putu Ray Nata Diatmika
    No absen : 18
    Kelas: VII-B

    Terimakasih artikelnya sangat membantu

    BalasHapus
  14. Nama: I Ketut Anand Amertha
    No: 08
    Kelas: 8D

    Terimakasih artikelnya sangat membantu saya

    BalasHapus
  15. Nama: Ida Ayu Audy Pramesthi Maharani
    No: 17
    Kelas: 8D

    Terimakasih atas artikelnya. Artikel ini sangat membantu 🙏🙏

    BalasHapus
  16. Nama: I gusfi Ngurah Dillan Ganesh Jyotistha
    No:13
    Kelas:7E
    Terima Kasih atas artikelnya. Artikel ini sangat membantu

    BalasHapus
  17. Nama : Putri Ratih Alreitha Sun Patra
    Nomor : 40
    Kelas : 7A


    Terima kasih untuk artikel nya, artikel nya sangat membantu 🙏🙏

    BalasHapus
  18. Nama : I Made Deva Raditya Puja Kanis
    No : 12
    Kelas : 8D

    Terimakasih atas artikelnya. Artikel ini sangat membantu

    BalasHapus
  19. Nama : I Made Putra Wedasmara
    Kelas : 7A
    No Absen : 20
    Terimakasih atas artikelnya.
    Artikel ini sangat membantu🙏🏻

    BalasHapus
  20. Nama : Ida Ayu Wulan Pradnyani Dewi
    No : 24
    Kelas : 7A

    Terimakasih atas artikelnya. Artikel ini sangat membantu 🙏

    BalasHapus
  21. Nama : I Nyoman Gede Suryanata Wijaya
    Kelas : VIII G
    No : 13

    Terimakasih atas artikelnya🙏. Artikel ini sangat membantu

    BalasHapus
  22. Nama:I wayan juniartha wiguna
    No:15
    Kelas:VIII D/8D

    Terimakasih atas artikelnya.
    Aetikel ini sangat membantu saya.

    Terimakasih��������

    BalasHapus
  23. Nama:Ni Made Ratih Dwi Hariyanti
    Kelas:VII-E
    No:30

    Terima Kasih artikelnya sangat membantu saya🙏.

    BalasHapus
  24. Nama : Putu Manik Yuana Ekaputri
    No : 35
    Kelas : 8G

    Terimakasih atas artikelnya, artikel ini sangat membantu dan memotivasi. 🙏

    BalasHapus
  25. Nama:ni putu ayu Tasya widjaya
    Kelas:7D
    Absen:33

    Terimakasih atas artikelnya. Artikel ini sangat membantu saya🙏.

    BalasHapus
  26. Trysha Dewi/VII E/43

    Terimakasih, artikel dan tujuannya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  27. Nama : Putu Alika Vhiskariana Maharani
    Kelas : VIII G
    No.Absen : 32

    Terimakasih Atas artikelnya,artikel ini sangat membantu dan memotivasi saya.🙏🙏

    BalasHapus
  28. Nama : I Made Adhitya W.B
    Kelas : VIII G
    No : 11

    Terima kasih atas artikelnya🙏🙏
    Artikel ini sangat membantu

    BalasHapus
  29. Nama:A.A Putu Pandu Putra D.
    No:1
    Kelas:8i

    Terimakasih artikelnya,artikel ini sangat membantu

    BalasHapus

  30. Nama : Ni Nyoman Yuma Putri Ningtyas
    Kelas : VII G
    No. Absen : 34

    Terimakasih atas artikelnya , artikel ini sangat mengispirasi dan membantu untuk menghargai pendidikan. Begitu penting.

    BalasHapus
  31. Terima kasih artikel nya sangat membantu dan artikel nya bermanfaat

    Nama:Ni Putu Karina Ekaputri
    No.absen:34
    Kelas:7E/VII E

    BalasHapus
  32. Nama : I Gusti Agung Dwi Pradnyaswari
    Kelas : 8D/VIII D
    Absen : 06

    Terimakasih atas artikel yang sangat bermanfaat ini Laoshi🙏, Menurut saya, pandemi Covid-19 ini memang telah membuat aktivitas kita tidak bisa berjalan dengan lancar. Semua aspek di kehidupan ini menjadi terganggu akibat pandemi tersebut, terutama di bidang ekonomi dan pendidikan. Saya sebagai seorang siswa, juga merasa kesulitan dalam melakukan proses belajar di rumah. Terkadang sinyal bermasalah, kuota cepat habis, dan pemahaman saya terhadap materi kurang. Namun, dengan bantuan dari bapak/ibu guru di SMPN 1 Denpasar yang telah menyiapkan segala prosedur untuk kegiatan belajar dari rumah, kesulitan-kesulitan tersebut bisa saya hadapi. Disinilah pentingnya kerjasama antar guru dan siswa untuk membangun proses belajar mengajar yang lebih efektif. Kerjasama antar guru dan siswa haruslah baik dan berjalan dari dua arah. Maksudnya, selain sebagai pengajar/pendidik, guru juga harus bisa bertindak sebagai orang yang akan membimbing siswa ke arah yang lebih baik. Begitu juga sebagai seorang siswa hendaknya memiliki dorongan dari dalam diri sendiri untuk menjadi lebih baik lagi, baik dalam proses pembelajaran maupun di bidang lainnya. Seperti kata-kata Ki Hadjar Dewantara, "Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu." Dan meskipun kita melakukan proses pembelajaran jarak jauh, namun kerjasama tersebut haruslah tetap berjalan.
    Terimakasih🙏

    BalasHapus

  33. Terimakasih artikelnya sangat membantu dan menambah wawasan 🙏🏼👍🏼
    Nana / 36 / 8J

    BalasHapus
  34. Nama : Putu Masya Purnama Devi /39/8i
    Terimakasih artikel nya, artikel ini sangat membantu saya🙏

    BalasHapus

  35. Nama: Ida Ayu Putu Audrey Tara Cahyarani
    No Absen: 18
    Kelas: 8E

    Terimakasih atas artikelnya, karena artikel nya sangat membantu, memotivasi diri saya, dan sangat bermanfaat 🙏

    BalasHapus
  36. ➤ NAMA : KM SATYA CAHYA NUGRAHA
    ➤ NO : 31
    ➤ KELAS : 7A

    terimakasih artikelnya,artikel ini sangat memberi wawasan yg sangat luas kepada saya,terimakasih laoshi🙏🏼👍🏼

    BalasHapus
  37. Nama : Kadek Maha Arianti
    No. Absen : 25
    Kelas : 8E

    Terimakasih atas Artikelnya, karena sangat membantu, memotivasi saya, dan Sangat bermanfaat🙏🏻😊

    BalasHapus

  38. Terimakasih atas artikelnya, ini sangat membantu dan menambah wawasan saya.

    Robin Kazakova / 40 / 8C

    BalasHapus
  39. Nama:A.A Dwi Kirani Pratiwi
    No Absen:01
    Kls:8J

    Terimakasih atas artikel yang sangat hermanfaat ini,artikel ini sangat membantu untuk saya🙏

    BalasHapus

  40. Nama: Kadek Ayu Dewi Pradnyani
    Kelas: 8E
    No:23

    Terimakasih artikelnya ,artikelnya sangat membantu

    BalasHapus

  41. Nama : I Gst Agung Handayani Divya Asnanti
    No : 13
    Kelas : VII A
    Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat serta memotivasi,saya sebagai murid mendukung setiap program yang ada dan bertrimakasih atas dukungan serta bimbingan yang sudah diberikan dan menurut saya aplikasi PJJ (google classroom,google meeting) yang ada memang membantu belajar mengajar selama covid 19 ini sehingga kita dapat mengikuti ilmu pelajaran walaupun kurang efektif serta ada kendala dalam melakukan pembelajaran,namun berkat bimbingan dari operator serta guru² masalah tersebut dapat diselesaikan🙏

    BalasHapus
  42. nama: gunapadmi Putri swandewi
    kls:7e
    absen:9


    Terimakasih artikelny, artikelny sangat membantu🙏

    BalasHapus

  43. Nama : Sang Ayu Made Anabela Hiranya Prabaswari
    No. Absen : 41
    Kelas : 8E

    Terimakasih atas artikelnya yang sangat membantu dan menambah wawasan saya🙏

    BalasHapus

  44. Nama ; I Wayan Varian Nayaka Putra
    No.Absen : 16
    Kelas : 8G

    Terimalasih artikel yang sangat membantu dan menambah wawasan kami

    BalasHapus
  45. Nama : Ni Putu Angga Dewi
    No. Absen : 31
    Kelas : 8J

    Terimakasih atas artikelnya yang sangat membantu dan menambah wawasan saya🙏

    BalasHapus
  46. Nama : Agni keishana putri sukanta
    Kelas : 8D
    Nomor :01
    Terimakasih atas artikel laoshi🙏🏻🙏🏻,artikel ini sangat membantu

    BalasHapus

  47. Nama : Putu Utari Aridewi
    Kelas : VII G
    No. : 42
    Terimakasih, artikel ini dapat membantu menambah info bagi saya

    BalasHapus
  48. Nama: Komang Krisna Bagiada
    No: 27
    Kelas: 8E

    Terimakasih atas artikel yang di berikan karena sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  49. Nama: yoga
    No:21
    Kelas:8d
    Trimakasih banyak atas artikelnya yg sangat membantu untuk saya🙏🙏

    BalasHapus
  50. Terimakasih Laoshi artikelnya sangat membantu dan menambah wawasan saya 🙏🏻
    Dania / 17 / 8J

    BalasHapus
  51. Nama : Pande Putu Radhitya Nugraha
    Absen : 32
    Kelas : 8e

    Terimakasih atas artikelnya yang sudah diberikan, artikel ini sangat membantu menambahkan wawasan saya

    BalasHapus

  52. Nama: I Nyoman Artha Wiguna
    Kls:7E
    No absen:17
    Terimakasih untuk artikelnya, karena artikel tersebut sangat penting dan bermanfaat.

    BalasHapus
  53. Nama : Ni Putu Amelia Savita Putri
    No.Absen : 32
    Kelas : 8C


    Terimakasih atas Artikelnya,
    Artikelnya sangat membantu🙏🏻🙏🏻

    BalasHapus
  54. terimakasih atas artikelnya sangat membantu dan memberi wawasan lebih banyak kepada saya
    Nama : nyoman ayu laksmi wulandari
    kelas : 7D
    no : 36

    BalasHapus
  55. Nama : I Gede Deva Arya Gunawan
    No absen : 13
    Kelas : 7G
    Terimakasih banyak atas artikelnya, karena sangat bermanfaat bagi saya dan bisa menambah wawasan saya

    BalasHapus
  56. Nama:Kadek Marsya purnama Ayu swasti
    Kelas:7E
    Absen:22

    Terimakasih atas artikelnya, artikelnya sangat membantu dan menambah wawasan 🙏🏻

    BalasHapus
  57. Nama : NI MADE AYU NADIA DHARMASWARI
    Kelas:7E
    No:29
    Terimakasih artikel nya🙏🙏

    BalasHapus
  58. Nama : Ida ayu phatening telaga urung
    Kelas:8C
    No :24

    Terimakasih atas artikelnya,artikel ini sangat membantu dan memotivasi saya serta menambah wawasan yang sangat bermanfaat🙏🏻

    BalasHapus
  59. Nama : Putu respa Adelia putri
    No : 39
    Kelas : 8e
    Terimakasi artikel nya,bagi saya artikel nya sungguh bermanfaat

    BalasHapus
  60. Nama:NI MADE AYU PUTRI WINTARI
    NO:32
    KELAS:7G


    terimakasih atas artikelnya sangat membantu bagi saya dan menambah wawasan saya🙏

    BalasHapus

  61. Nama : I Gusti Putu Satria Pradjna Dananjaya
    No : 14
    Kls : 7E
    Terima Kasih atas artikelnya,artikel ini sangat membantu dan sangat bermanfaat🙏

    BalasHapus
  62. Nama:Ni Luh Dita Puspitasari
    Kelas:7E
    No.Absen:28

    Terimakasih atas artikelnya, artikelnya sangat membantu dan artikelnya sangat bermanfaat 🙏🙏

    BalasHapus
  63. Nama : I Gusti Ngurah Agung Surya Wirapramarta
    Absen : 10
    Kelas : 8G

    terima kasih, artikelnya bermanfaat dan memotivasi saya.

    BalasHapus
  64. Nana: Dhiefya Faiza Aulia Nayranata
    Kelas:8E
    No.absen:06
    Sebelumnya terimakasih Laoshi atas artikel yang diberikan,artikel ini akan menambah wawasan bagi saya🙏,Dan semoga wabah ini cepat berakhir🙏.
    Terimakasih Laoshi 🙏

    BalasHapus
  65. Nama: I Made Bagus Suteja Lanang
    No. : 18
    Kelas :8C

    Terimakasih atas, artikelnya
    Artikelnya sangaat bermanfaat, untuk menambah wawasan 🙏🏻

    BalasHapus
  66. Terimakasih atas artikel nya, artikel ini bermanfaat sekaligus memotifasi saya.

    Bagas Aditya, 15,8E

    BalasHapus
  67. Nama : Putu Candrakarina V.W.
    Kelas : 8D/ VIII D
    No : 40

    Terimakasih atas artikel yang sangat bermanfaat ini dan sangat membantu. Kita bisa mengetahui pentingnya pendidikan untuk masa depan, walaupun di musim pandemi saat ini yang membuat siswa tidak bisa bertemu langsung dengan guru guru. Siswa dapat belajar seperti biasa melalui Pembelajaran Jarak Jauh ini, dan tidak lepas dari peran pentingnya guru dalam mengajar siswa.
    Terimakasih 🙏

    BalasHapus
  68. Nama : Ni Luh Putu Cantika Saputri
    No : 28
    Kelas : VIII G
    Terimakasih atas artikelnya yang sangat bermanfaat bagi saya. Sebagai murid, saya mendukung semua program yang ada dan sangat berterimakasih atas bimbingan yang selama ini diberikan dan menurut saya pribadi aplikasi seperti g classroom, g.meet, zoom, dll memang sangat membantu proses pembelajaran selama pandemi covid 19.

    BalasHapus
  69. Nama : Ni Luh Putu Cantika Saputri
    No : 28
    Kelas : VIII G
    Terimakasih atas artikelnya yang sangat bermanfaat bagi saya. Sebagai murid, saya mendukung semua program yang ada dan sangat berterimakasih atas bimbingan yang selama ini diberikan dan menurut saya pribadi aplikasi seperti g classroom, g.meet, zoom, dll memang sangat membantu proses pembelajaran selama pandemi covid 19.

    BalasHapus
  70. Nama : komang satria nardayana putra
    Absen : 24
    Kelas : 7G

    Terima kasih artikel nya
    Artikel ini sangat membantu

    BalasHapus


  71. Nama : Ni Made Pradita Dewi
    Kelas : VIII J
    No : 28

    Dengan membaca artikel tersebut saya menjadi tau tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang pengajaran atau hubungan antara murid dengan guru. 🙏🙏

    BalasHapus


  72. Nama: Vania Bella Amadea
    No: 43
    Kelas: 8C


    Terimakasih atas artikel nya, Artikel ini sangat memotivasi dan bermanfaat bagi saya, serta menambah wawasan 🙏🏻

    BalasHapus
  73. Nama I Made Agus Dwipa Arma
    No 12
    Kls 8G

    Terimakasih atas artikelnya, artikel ini sangat membantu

    BalasHapus

  74. Nama : Eurovan Sidharta Jauwsan
    No : 6
    Kelas : 7E

    Terimakasih artikelnya 🙏, artikelnya sangat membantu saya🙏

    BalasHapus
  75. Nama : Putu Ayu Ratih Cahyarani
    No : 37
    Kelas : 8J

    Terimakasih atas artikelnya karena, artikel ini sangat bermotivikasi dan bermanfaat tentunya..

    BalasHapus

  76. Nama : Ni Putu Adelia Maharani
    No : 32
    Kelas : 7E

    Terimakasih atas artikelnya, karena artikel ini sangat membantu saya dan membuat saya lebih termotivikasi untuk semangat lagii....

    BalasHapus
  77. Nama : Ida Ayu Anindya Raina Wikannanda
    No : 16
    Kelas : 8D

    Terima kasih atas artikel yang sangat bermanfaat ini. Menurut saya, dalam situasi pandemi saat ini kita membutuhkan sarana yang dapat mendukung proses pembelajaran jarak jauh. Selain itu, proses pembelajaran jarak jauh juga tak luput dari masalah seperti signal yang tak mendukung, kesalahan teknis, dan lain sebagainya. Tetapi, dengan adanya kerjasama dan kecepat tanggapan para guru dan operator masalah yang muncul dapat teratasi. Sebagai seorang murid, saya sangat berterima kasih kepada guru, operator, dan pemerintah yang turut membantu agar proses pembelajaran jarak jauh bisa terlaksanakan dengan baik. Terima kasih 🙏

    BalasHapus
  78. Nama: A.A.Ngurah Lanang
    Kelas: 7B
    Absen: 01
    Artikelnya sangat menarik,dan menambah wawasan saya. Terima kasih atas artikelnya.

    BalasHapus
  79. Nama : Putu Kesha Della Rocha Demple /39 /7E
    Terima kasih untuk artikel nya.. ini sangat bermanfaat dan saya bisa menambah info atau wawasan yang lebih luas lagi..

    BalasHapus
  80. Nama : Putu Raditya Wiradharma Putra Pramana/ 40/ 7E.
    Terimakasih untuk paparan artikelnya. Artikel ini sangat bermanfaat bagi saya. Terimakasih atas Informasinya.

    BalasHapus
  81. Nama : Ni komang trisna prabandari
    Kelas :8G
    No :27
    saya mendukung semua program yang ada dan sangat berterimakasih atas bimbingan yang selama ini diberikan dan menurut saya pribadi aplikasi seperti g classroom, g.meet, zoom, dll memang sangat membantu proses pembelajaran selama pandemi covid 19

    BalasHapus
  82. Nama : I Made Giyo Wiswadana
    Nomor: 13
    Kelas: 8D
    Terimakasih untuk artikel nya..
    Ini sangat termotivikasi dan bermanfaat saya bisa menambah info dan wawasan yg lebih luas lagi..

    BalasHapus
  83. Nama : Putu Meisha Ayutra Devi Widastra
    Kelas : 8J
    Absen : 40
    Setelah membaca artikel ini, saya menjadi lebih termotivasi untuk belajar dan sebagai siswa saya sangat mendukung program pembelajaran yang ada dan sangat berterimakasih atas bimbingan yang diberikan🙏🏻

    BalasHapus
  84. Nama: gst agung seridila adinda
    Kelas : 8e
    No :08

    Terimakasih atas artikel ini Laoshi, artikel ini sangat penting dan bermanfaat untk saya.

    BalasHapus
  85. Nama : Intan Desrina
    Kelas : 8E
    Absen : 22

    Terimakasih atas artikelnya, artikel ini sangat bermanfaat, dapat memberikan motivasi dan juga dapat menambah wawasan saya🙏

    BalasHapus

  86. Nama: I Made Wiratama Suryajaya
    No. Absen : 20
    Kelas : 8C

    Terimakasih atas artikel-artikelnya, ini sangat bermanfaat bagi saya, untuk menambah wawasan

    BalasHapus
  87. NAMA: I GUSTI PUTU OKA WIKAN NANDA
    NO:16
    KLS:7A

    Terima kasih atas artikelnya,artikelnya sangat bermanfaat dan dapat memberi motivasi.

    BalasHapus
  88. Nama : I GEDE KARISTA WIKASENA
    No : 10
    Kelas : VIII J


    Terimakasih atas artikelnya, artikelnya sangat bermanfaat bagi saya

    BalasHapus
  89. Nama : Ni Putu Rina Pramesti
    Kelas : VIII D /8D
    Absen : 33

    Terimakasih atas artikel yang sangat bermanfaat ini laoshi🙏,selain menambah wawasan artikel ini juga dapat memotivasi kita untuk belajar lebih giat lagi.Menurut saya saat situasi pandemi seperti sekarang ini kita memerlukan media untuk mendukung proses berlangsung nya pembelajaran secara online atau pembelajaran jarak jauh, pembelajaran jarak jauh pun tak luput dari masalah signal,gangguan internet,dll.Tetapi dengan adanya kerjasama yang baik dengan guru saya dapat melalui semua nya dengan baik.Saya turut berterimakasih kepada guru yang membantu proses pembelajaran agar selalu berjalan lancar
    Terimakasih 🙏

    BalasHapus
  90. Nama : Putu Kikandrya Wilakshini
    No Absen : 39
    Kelas : 8J

    Terimakasih atas semua artikel-artikelnya. Artikel ini sangat bermanfaat untuk saya, dan dapat menambah wawasan saya🙏

    BalasHapus
  91. Nama : Ni Putu Gemma Armylia
    Kelas : 8C
    No. Absen : 34


    Terimakasih atas artikelnya Laoshi. Artikel ini sangat bermanfaat dan membantu menambah wawasan saya🙏

    BalasHapus

  92. Maharani / 12 / 8J

    Terimakasih atas semua artikel-artikelnya. Artikel ini sangat bermanfaat serta menambah wawasan saya👍🏽🙏🏼

    BalasHapus
  93. Nama : Putu Gde Adiarta Wiguna
    Absen : 38
    Kelas. : 7E

    Artikel ini sangat membantu saya dalam menambah wawasan dalam pembelajaran

    BalasHapus
  94. Nama: Ni Komang Trisa Bali Meyin Dandra Tirta
    Kelas: 8C
    No. Absen: 29

    Terimakasih untuk artikelnya. Artikelnya sangat bermanfaat dan memotivasi saya🙏

    BalasHapus
  95. Nama : Ni Made Dian Aprilia Maharani
    Kelas : 8C
    No.absen : 30

    Artikel ini sangat bermanfaat untuk saya, Terimakasih artikelnya🙏

    BalasHapus
  96. I Kadek Devastra Yogintya
    No Abs : 13 / kelas : VIIB
    Artikel ini sangat membantu untuk pengertian daring, bisa Menambah wawasan, Dapat mengetahui apa yang harus dilakukan saat pembelajaran daring ini
    1. Agar tidak lalai
    2. Tetap fokus mengikuti pembelajaran walaupun tetap belajar dari rumah..

    //Artikel ini sangat bagus untuk belajar lebih dekat lagi belajar tntng daring dan cara menanggapinya dengan disiplin walaupun di rumah saja

    BalasHapus
  97. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  98. Nama : I nyoman yoma mahadeva
    Kelas : 8J
    Absen : 16


    Artikel ini sangat bermanfaat sekali untuk saya, Terima kasih artikelnya🙏🏻

    BalasHapus
  99. Terima kasih atas artikelnya🙏,sangat bemanfat sekali
    Nama: Kadek Belinda Aurellia Putri
    No:21
    Kls"7E

    BalasHapus

  100. Made Nawamalini Candrika Dyaksa / 26 / 8J


    Terimakasih Atas artikelnya, Artikel ini sangat bermanfaat 🙏🏻

    BalasHapus
  101. terima kasih banyak atas artikelnya. dari membaca artikel ini, saya dapat menyimpulkan bahwa dalam pandemi covid-19 ini saya tidak boleh lalai dan tetap harus disiplin dalam melaksanakan pembelajaran, agar tetap bisa mengerti pelajaran dan guru akan lebih muali menilai dengan akurat. artikel ini sangat memotivasi saya untuk menjadi lebih rajin. terima kasih!
    nama: Gendis Ginanti
    kelas: 7E
    no. absen: 7

    BalasHapus



  102. Wayan Gede Gangga Maryasa/39/8G

    Terimakasih Atas Artikelnya Laoshi.Artikel ini sangat bermanfaat dan memotivasi saya 🙏🙏

    BalasHapus

  103. Nama:Ni Kadek Tia Kusuma Wardani
    No:30
    Kelas:8E
    Terimakasih atas artikelnya laoshi.Artikel ini sangat bermanfaat dan juga sangat memotivasi saya😊🙏🏻

    BalasHapus
  104. Nama : I Putu Gede Arya Pradnyana Gunawan
    Kelas : 7E
    No. Absen : 19

    Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat serta memotivasi. Saya sebagai murid mendukung setiap program PJJ yang ada dan berterimakasih atas dukungan serta bimbingan yang sudah diberikan. Menurut saya aplaplikasi yang digunakan (google classroom, google meeting) yang ada memang membantu belajar mengajar selama covid 19 ini sehingga kita dapat mengikuti pelajaran secara lebih efektif, walaupun masih ada kendala dalam pelaksaannya, namun saya yakin, seiring waktu dan dengan adanya bimbingan dari operator dan para guru, ke depannya akan lebih baik daripada yang sebelumnya 🙏

    BalasHapus
  105. Nama: Bilwa Pradnyandari Putri Sudharma
    Kelas: 8J
    Absen: 05
    Terimakasih untuk artikelnya, artikelnya sangat bermanfaat dan bermotivasi🙏

    BalasHapus



  106. Nama: I Gusti Ayu Putri Nadya
    Absen: 13
    Kelas: 8J
    Terimakasih atas artikelnya, karena artikelnya sangat membantu dan sangat bermanfaat🙏

    BalasHapus
  107. Nama: I Gusti Ngurah Bagus Purwaka Tisna
    Absen: 17
    Kelas: 8A
    Terinakasih atas artikelnya, karena sangat bermanfaat bagi kita semua🙏.

    BalasHapus
  108. Nama : I.A. Diah Komalamanik Manuaba
    Kelas : 8A
    No. : 22
    Terimakasih artikelnya. Sangat menarik dan bermanfaat untuk menambah wawasan

    BalasHapus
  109. Terima kasih atas artikelnya Laoshi

    Argha / 31 / 8E

    BalasHapus
  110. Nama : Firnanda Santika Lidela
    No : 09
    Kls : 8J

    Terima kaish atas artikelnya Laoshi🙏🏻

    BalasHapus
  111. Nama : I Gst Ayu Cahya Pratiwi
    Kelas : 8G
    Absen : 09

    Terimakasih, artikel ini sangat bermanfaat. Sangat membantu siswa/siswi atau kita sebagai pelajar menilai sudut pandang guru dalam hal belajar mengajar di sekolah saat pandemi ini sedang berlangsung atau yang disebut dengan PJJ. Saya cukup salut untuk kita semua yang sudah bisa melewati masa - masa sulit seperti sekarang ini dengan baik, namun kita tak boleh luput dari rasa bersyukur. Kenapa? Karena, di balik musibah atau masalah yang datang kepada kita, janganlah takut untuk gagal. Pasti ada saja kemungkinan di balik kegagalan tersebut. Antara lain, yang pertama, kita diminta untuk berusaha lebih oleh Tuhan Yang Maha Esa, atau yang kedua, kita gagal karena kita di lindungi Tuhan Yang Maha Esa sama apa yang tidak bisa kita raih untuk hari ini. Cukup mengikhlaskan dan menerima segalanya dengan tulus. Tuhan hadir untuk menerima segala curahan hati kita, entah itu mengeluh, menangis, dan lain lainnya. Di masa masa covid 19 ini, saya belajar banyak tentang pentingnya menjaga kesehatan, belajar dengan mandiri, serta kedisiplinan. Dari pandangan yang saya tangkap dari artikel ini, guru guru sedang bersedih dengan kondisi yang sekarang terjadi. Murid - murid kehilangan waktunya untuk menikmati masa remaja nya di sekolah, kehilangan waktu nya untuk banyak belajar hal hal baru yang banyak terdapat di luar sana. Guru - guru juga sudah berusaha semaksimal mungkin bekerja dengan baik untuk terus berusaha mengajari anak murid nya, memberi materi dan segala tugas prakteknya agar murid muridnya tidak lupa bahwa, belajar itu perlu dan penting. Bukan berarti selama Covid 19 berlangsung, kita tidak bisa sekolah. Semua usaha pasti ada saja plus dan minus yang kita dapatkan. Saya sangat berterimakasih kepada guru - guru yang sudah berusaha keras mengajari kita, membentuk karakter kita untuk menjadi orang yang berkarakter, berwibawa, dan menjadi seseorang yang terpuji. Walaupun kadang kita suka mengeluh ataupun menunda - nunda. Ini adalah wujud aksi nyata yang benar - benar saya ketahui setelah membaca artikel ini. Saya benar benar berterimakasih atas bimbingan serta program program yang telah kalian rangkai dan menyusun dengan baik yang kemudian diberikan kepada kita semua serta memotivasi kita untuk giat belajar lebih. Membuka wawasan kita agar lebih luas untuk menjadikan kita diri yang berkualitas dan cerdas. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Terimakasih.

    BalasHapus
  112. Nama: Anisa Putri Ramadhani
    No: 4
    Kelas: VIIA

    Artikel ini sangat bermanfaat.
    Terimakasih atas artikelnya sangat membantu kepada siswa/siswi🙏

    BalasHapus
  113. Nama: Putu Ayu Keisha Kirana Putri
    No : 36
    Kls : 8i

    Terimakasih artikelnya, sangat bermanfaat dan juga menarik

    BalasHapus
  114. Nama: Carla Carolyn Cristal
    No: 4
    Kelas: 8E

    Artikel yang sangat bermanfaat!
    Terima kasih untuk artikel yang sangat menarik dan menambah wawasan pengetahuan ini 🙏

    BalasHapus
  115. Nama: Ni Putu Renaisan Andari Teja
    No: 35
    Kelas: 7E

    Terima Kasih atas artikelnya Bu Guru atau Laoshi, artikel ini mampu mengupas sosok Ki Hajar Dewantara (KHD), kemasa saat ini. Bagaimana arah pemikiran KHD bisa masih dituangkan di era saat ini. Bagaimana siswa atau murid “merdeka belajar”. Mampu nantinya menjadi siswa yang unggul dan berprestasi secara global. tentu dengan jiwa pancasila. Terima kasih sekali lagi, artikel ini sangat bagus dan bermanfaat. 🙏

    BalasHapus
  116. Terima kasih atas artikelnya 😇👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Artikel ini sangat bermanfaat untuk saya terima kasih

      Taiyo Brahmantya Soki / 7G / 43

      Hapus
  117. Nama: Bryan Junov Scofield Ramadhan
    Kelas: 7A
    No absen: 5

    BalasHapus
  118. Nama: Bryan Junov Scofield Ramadhan
    Kelas: 7A
    No absen: 5
    Terima kadih artikelnya, sangat membantu

    BalasHapus
  119. Nama : Putu Ayu Dinda Pavita Prasanti Arya
    No.Absen : 36
    Kelas : 8E

    Terimakasih banyak atas artikel yang telah diberikan , artikel ini sungguh bermanfaat dan memotivasi saya dan dapat menambah wawasan🙏🏻🙏🏻.

    BalasHapus
  120. Nama : Kadek Priscilla Dea Pramesti
    No : 26
    Kelas : 8E

    Terimakasih atas artikelnya, Sangat membantu dan bermanfaat 🙏🏻🙏🏻

    BalasHapus
  121. Terima kasih semua pembaca yang budiman dan berbahagia atas komentar dan tanggapannya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Ekonomi - Sejarah - Covid-19; Mari Kita Sambung"

"Ekonomi-Sejarah-Pandemi Covid-19; Mari Kita Sambung" Belajar di Rumah - IPS - Antisipasi Penyebaran Pandemi Covid-19 Selamat Pagi Anak-anak yang Rajn dan Hebat! Pada pagi hari ini, mari kita mencoba menghubungkan Ekonomi dengan Sejarah dan Pandemi Covid-19 ? Kalian tentu bertanya; "Bagaimana ya caranya?" Nah, untuk mempermudahnya; coba kalian amati dan baca dua point di bawah ini. 1.        Apa saja yang mengakibatkan  munculnya aktivitas perdagangan ? Dalam Pandemi Covid-19 ini bagaimana menurut kamu situasi perdagangan di Indonesia? Di masa penjajahan (kolonialisme dan imperialisme) Belanda dan Jepang bagaimana aktivitas perdagangan dilakukan? Apa yang menarik dan menguntungkan menurut mu? 2.        Apa saja tujuan perdagangan antar daerah, antar pulau, dan antar negara? Bagaimana dampak pandemi Covid-19 ini terhadap ke-3 jenis perdagangan tersebut? Di masa penjajahan sebelum kemerdekaan bagaimana aktivitas perdagangan dilakukan? Apa ya

Tri Hita Karana, SEL, dan Dinamika Pengajaran

"Tri Hita Karana Menjadi Energi  Pada  Social Emotional Learning (SEL) Beriringan Dengan Dinamika Pengajaran"  Hari ini bertepatan dengan hari Kartini, 21 April 2020; adalah Sesi ke-4, hari ke-2, WORKSHOP ONLINE PGRI BALI , dengan Nara Sumber dari Vietnam; Prof Nguyen Haidai. Beliau adalah Ketua dari WOW Bali, Yayasan Global banjar International yang sangat ahli di bidang Riset dan Teknologi Pendidikan. Materi yang dibawakan beliau luar biasa dalam upaya menggeser pola pendidikan konvensional menuju yang lebih dinamis sesuai dengan kearifan lokal kita. Contohnya Spirit Tri Hita Karana dan keindahan sistem Banjar di Bali menjadi energi dalam pengajaran.  Konsep kosmologi Tri Hita Karana merupakan  falsafah  hidup tangguh. Falsafah tersebut memiliki konsep yang dapat melestarikan keaneka ragaman  budaya  dan  lingkungan  di tengah hantaman  globalisasi  dan  homogenisasi .  Fokus utama WOW dalam Celebration Program & Framework nya adalah pemanfaatan technolog