Langsung ke konten utama

TERTATIH TAPI TEGUH


RESUME 3
BELAJAR MENULIS BERSAMA OmJay
GELOMBANG ke-9


Tema                         : Rahasia Sukses Menjadi Gupres
Pertemuan                : Ke-3
Metode                     : Daring via WAG
Hari/Tanggal             : Minggu, 12 April 2020
Waktu                       : Pk. 19.00 – 21.00 WIB
Nara Sumber             : Mr. Encon Rahman (Kang Haji Encon)
  Guru berprestasi dan motivator dari Majalengka Jawa Barat
Moderator                 : Mr. Bambang (Mr. Bams)
Pengelola                  : Mr. Wijaya Kusuma
Teacher di Guru SMP Labschool Jakarta.
Ahli ICT, Eduprenership, Learning, dan PTK.
Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer.
Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional.
Founder Komunitas Sejuta Guru Ngeblog (KSGN).
Link Penting             : https://omjaylabs.wordpress.com/
Penulis Resume        : Putu Eka Juliana Jaya (Wawa Arjaya), SMP Negeri 1 Denpasar

Susunan Acara:
1.             Pemaparan materi.
2.             Diskusi yang membahas tentang “Rahasia Sukses Menjadi Guru Berprestasi”.
3.             Aksi nyata hasil belajar membuar review lalu memposting tulisan di blog.
4.             Kesimpulan.

Mamasuki hari ketiga “BELAJAR MENULIS BERSAMA OMJAY GELOMBANG ke-9”, masih sangat bersemangat. Kali ini pun ada beberapa hal penting yang patut menjadi perhatian peserta belajar, yaitu:
1.      Pak Wijaya (OmJay)  mengingatkan para peserta kuliah online tentang syarat sebuah buku bisa diterbitkan penerbit mayor. Bila syarat itu terpenuhi, maka akan ada ada editor dan ilustrator yang bertanggung jawab pada kelayakan terbit atau cetak dari buku kita. Pihak editor dan ilustrator itu akan membuat buku kita semakin keren dan enak dibaca.
2.      Apakah syarat nya? Penerbit hanya akan mau bekerja sama dengan penulis yang memiliki draft naskah yang lengkap, berisi daftar isi dan kata pengantar, serta yang terpenting adalah potensi daya jual buku itu di pasar. Jadi penulis harus mampu meyakinkan penerbit bahwa buku yang ditulis akan banyak dibeli orang untuk mendapatkan royalti seperti itu. Bila syarat tersebut terpenuhi, maka buku kita akan siap diproses; untuk kemudian akan siap beredar dan siap dijual dalam tempo rata-rata 3 bulan.  Apabila buku kita akan diterbitkan dengan biaya sendiri di penerbit indie, maka waktu yang dibutuhkan bisa lebih pendek.
3.      Pesan penting lainnya dari OmJay berkenaan dengan tugas untuk membuat resume setelah selesai kuliah online. Resume akan membuat ilmu yang kita terima melekat dan terekam dalam tulisan. Ikatlah ilmu dengan cara menuliskannya kembali sesuai dengan gaya menulis masing masing lalu kirimkan ke omjaylabs@gmail.com untuk mendapatkan review. Jangan lupa untuk mempublikasikannya lewat blog atau media yang lainnya.
4.      Nara Sumber pada pertemuan ke-3 ini adalah Bapak Encon Rahman. Beliau adalah seorang Guru Berprestasi tingkat nasional juara 1 tahun 2016. Beliau juga sudah berhasil mengharumkan nama Indonesia pada tingkat international, tepatnya pada tahun 2017 di Thailand, dengan memperoleh penghargaan Princess Maha Chakri Awards (PMCA). Bapak Encon Rahman merupakan nara sumber berkualitas dunia yang diundang OmJay kali ini. Beliau membagikan pengalaman dan trik bagaimana agar bisa menjadi gupres tingkat nasional juga sekaligus menjadi gupres tingkat internasional.
5.      Penting pula untuk disimak pikiran beliau berkenaan dengan “Belajar Jarak Jauh Lewat Youtube” pada link: https://youtu.be/Y7f1Vve1Mas dan juga https://youtu.be/FWBFNVvHi-8
6.      Menurut Kang Haji Encon, begitu beliau biasa disapa, lomba guru berprestasi bukan hanya ada di Indonesia tetapi lomba ini juga diterapkan di negara-negara lain termasuk di Asia Tenggara, itulah sebabnya pemerintah setiap tahun selalu mengadakan lomba gupres. Lomba gupres termasuk ajang berprestasi dan bergengsi bagi seorang guru. Kenapa dikatakan demikian? Karena penilaian gupres lebih komprehensif dan menyeluruh dari berbagai faktor.
7.      Undang-undang nomor 14 tahun 2005 menyatakan bahwa jabatan guru itu adalah profesi. Kemampuan guru untuk memenuhi amanah yang ada dalam Undang-undang tersebut tentu akan mampu menghantarkan seorang guru menjadi seorang guru berprestasi.
8.      Seorang guru dapat dikategorikan profesional dalam jabatannya bila guru tersebut mampu memenuhi 7 M; yaitu Mendidik, Membimbing, Mengarahkan, Melatih, Menilai, Mengajar, Mengevaluasi. Apabila guru tidak memiliki ranah 7M ini maka akan menjadi pertanyaan besar; apakah guru itu seorang profesional?
9.      Gupres merupakan ajang prestasi dan prestise tertinggi bagi karir seorang guru. Guru yang ingin mengikuti ajang ini harus mempersiapkan diri sejak dini. Pemerintah selalu mengadakan lomba gupres baik dari tingkat jenjang satuan pendidikan TK, SD, SMP, SMA di antaranya memiliki tujuan:
a.              Mengangkat guru sebagai profesi terhormat mulia bermartabat dan terlindungi.
b.             Meningkatkan motivasi dan profesionalisme guru dalam pelaksanaan tugas profesionalnya.
c.              Meningkatkan persaingan yang sehat selalu pemberian penghargaan di bidang pendidikan.
d.             Membangun komitmen mutu guru dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran menuju standar nasional pendidikan.
10.  Adapun rahasia sukses menjadi gupres hanya dua saja. Satu memiliki amalan batiniah. Kedua memiliki amalan lahiriyah.

Demikianlah resume pada pertemuan ketiga, sesuai apa yang saya simak dari WAG. Mohon masukan dan penyempurnaan dari Bapak Wijaya; OmJay. Sekali lagi terima kasih atas kesempatan belajar dan bertumbuh.


Denpasar, 14 April 2020
Penulis Resume,


Putu Eka Juliana Jaya
Guru IPS dan Bahasa Mandarin
SMP Negeri 1 Denpasar

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koneksi Antar Materi dan Rancangan Aksi Nyata : PROGRAM GURU PENGGERAK - Angkatan 1

  “Menuju Manusia Merdeka bersama Ki Hajar Dewantara Melalui Profil Pelajar Pancasila yang Unggul dan Mengglobal”   Oleh                : Putu Eka Juliana Jaya Kelompok      : 3 Fasilitator       : Bapak Yuli Cahyono Pendamping  : Bapak I Komang Witarsa   Pendidikan adalah tuntutan bagi seluruh kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Sedangkan pengajaran adalah pendidikan dengan cara memberi ilmu atau pengetahuan agar bermanfaat bagi kehidupan lahir dan batin (Dewantara I, 2004). Namun pola yang ada dewasa ini masih cenderung 1 arah, belum berfokus & berpusat pada murid, antar guru masih banyak yang belum kolaborasi. Maka kami perlu mempertajam keterampilan kepemimpinan, menggali lebih dalam tentang jati diri kami,...

No! It is not ANTI MAIN STREAM! We will Win!

RESUME 4 BELAJAR MENULIS BERSAMA OmJay GELOMBANG ke- 9 Tema                          : *Menulis Buku dalam Seminggu dari Seminar Virtual di Youtube * Pertemuan                 : Ke-4 Metode                      : Daring via WAG Hari/Tanggal             : Senin, 13 April 2020 Waktu                        : Pk. 19.00 – 2 1 .00 WIB Nara Sumber             : Prof. Eko Indrajit   Pembicara nasional dan internasional   Pengurus Besar PGRI; Kepala Smart L...

Tri Hita Karana, SEL, dan Dinamika Pengajaran

"Tri Hita Karana Menjadi Energi  Pada  Social Emotional Learning (SEL) Beriringan Dengan Dinamika Pengajaran"  Hari ini bertepatan dengan hari Kartini, 21 April 2020; adalah Sesi ke-4, hari ke-2, WORKSHOP ONLINE PGRI BALI , dengan Nara Sumber dari Vietnam; Prof Nguyen Haidai. Beliau adalah Ketua dari WOW Bali, Yayasan Global banjar International yang sangat ahli di bidang Riset dan Teknologi Pendidikan. Materi yang dibawakan beliau luar biasa dalam upaya menggeser pola pendidikan konvensional menuju yang lebih dinamis sesuai dengan kearifan lokal kita. Contohnya Spirit Tri Hita Karana dan keindahan sistem Banjar di Bali menjadi energi dalam pengajaran.  Konsep kosmologi Tri Hita Karana merupakan  falsafah  hidup tangguh. Falsafah tersebut memiliki konsep yang dapat melestarikan keaneka ragaman  budaya  dan  lingkungan  di tengah hantaman  globalisasi  dan  homogenisasi .  Fokus utama WOW dalam Celebrati...